Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur


img


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
1769

Jelang Idul Adha 1438 H/2017, Walikota Periksa Kesehatan Hewan Kurban


Menjelang Idul Adha 1438 H/2017, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur melakukan Inspeksi mendadak (Sidak)  disejumlah penjual hewan kurban dilahan kosong milik H. Hadiri, Jalan Dr. Soemarno, Kelurahan Penggilingan, Kecamatan Cakung, Selasa (22/8).

Pemeriksaan dipimpin langsung oleh Walikota Jakarta Timur Bambang Musyawardana, dalam rangka memastikan kesehatan hewan kurban yang terhindar dari berbagai jenis penyakit serta aman dikonsumsi.

Petugas melakukan pememriksaan yang meliputi fisik hewan, kondisi gigi yang harus sudah pupah, mata yang tak tercampur kotoran serta kelamin hewan qurban, selain memeriksa kondisi fisik, petugas juga melakukan pengambilan darah untuk memastikan jika hewan qurban yang di jual bebas dari penyakit antraks.

Disela-sela kunjungannya Walikota mengatakan pemeriksaan di lakukan guna memastikan kesehatan serta kelayakan hewan kurban untuk di sembelih, ” Kita melakukan pemeriksaan terhadap pedagang hewan kurban selama sepekan dengan tujuan memberikan rasa aman dan kelayakan hewan untuk disembelih di Hari Raya Idul Adha nanti ”.

Lebih lanjut Walikota menjelaskan hingga saat ini sudah 6.740 ekor dari 95 lokasi yang diperiksa oleh petugas Suku Dinas Kelautan Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Jakarta Timur dan hasilnya tidak ditemukan adanya hewan kurban yang terkena penyakit antraks.

”Alhamdulillah, masih belum ditemukan adanya penyakit ditempat penjualan hewan diwilayah kota Jakarta Timur, namun terus kita cek semua dalam sepekan ini sehingga dipastikan bahwa hewan yang akan di kurbankan benar-benar layak ” jelasnya.

Walikota mengimbau, kepada pedagang hewan kurban untuk selalu menjaga kebersihan dan tidak berjualan di atas trotoar, dirinya juga berpesan kepada warga agar membeli hewan kurban di lokasi yang telah diperiksa dan ditandai dengan stiker.

“ Pastikan menjual hewan kurban di tempat yang benar supaya tidak menimbulkan penyakit karena limbahnya, saya berpesan agar warga agar membeli ditempat penjual hewan kurban yang sudah diberikan stiker pemeriksaan oleh Pemkot Jakarta Timur  ” imbuhnya.

Sementara itu Penjual Hewan Kurban Dudut Ardianto mengungkapkan, adanya pemeriksaan ini dirinya menyambut baik,” Ini sangat bagus selain pemerintah perduli akan kesehatan hewan kurban kami sangat diuntungkan karena dengan adanya stiker yang ini justru dapat menarik pembeli nantinya, kadi saya sangat berterima kasih kepada Pak Wali dan Jajajranya ” ungkapnya.

Bagikan
Cetak