Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur


img


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
1119

Walikota Tinjau Posko Korban Kebakaran Di Kampung Bulak


Walikota Jakarta Timur Bambang Musyawardana meninjau Posko pengungsian korban kebakaran yang melanda pemukiman padat penduduk di Kampung Bulak, Jalan Bulak Timur RT 001/RW 016, Kelurahan Klender, Kecamatan Duren Sawit, Rabu (23/8). Sebelum ke Kampung Bulak, Walikota juga mengunjungi Posko pengungsi yang menampung korban kebakaran di Kebon Pala, RW 06 dan RW 07 Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara.

Kunjungan ini untuk mengecek langsung bantuan dan kondisi korban kebakaran yang ada di Posko pengungsian. Terkait kebakaran yang melanda Kampung Bulak, ada 4 Posko pengungsian, 1 unit dapur umum dan 1 unit Posko pengecekan medis disiagakan.

Diketahui kebakaran yang menyebabkan Kampung Bulak terjadi sekitar pukul 13.23 WIB, Selasa (22/8). Perkampungan padat penduduk itu dihuni sedikitnya 250 Kepala Keluarga dengan 500 Jiwa. Kebakaran diduga berasal dari korsleting arus listrik.

Walikota mengatakan, kedatangannya bukan hanya untuk meninjau melainkan untuk menyapa dan memberikan semangat kepada para korban kebakaran, agar tetap semangat menjalani kehidupan meskipun sedang diuji dengan musibah.

“Atas nama pribadi serta Pemkot Jakarta Timur, menyampaikan turut sedih dan prihatin atas musibah kebakaran ini. Semua ini pasti ada hikmahnya. Dan alhamdulillah, segala bantuan juga sudah siap siaga dalam melayani korban kebakaran,” katanya.

Ditambahkan Walikota, Jakarta Timur sendiri sejak sepekan ini mengalami musibah kebakaran dua kali dalam waktu berdekatan. Oleh sebab itu, dirinya menghimbau agar masyarakat untuk waspada akan bahaya kebakaran yang belakangan ini kerap terjadi di sejumlah wilayah Jakarta Timur.

”Kami himbau kepada seluruh masyarakat harus ekstra hati-hati. Sekarang memasuki musim panas bahaya kebakaran dipemukiman padat dikhawatirkan terus terjadi,” tambahnya.

Dijelaskan Walikota, berdasarkan data yang diperoleh melalui Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (PKP) Jakarta Timur, kasus kebakaran yang terjadi belakangan ini banyak dipicu akibat kecerobohan warga terhadap instalasi listrik.

“Kasus kebakaran ini didominasi dengan hubungan arus pendek listrik. Untuk itu saya himbau kepada seluruh warga terutama di penduduk padat seperti ini agar menggunakan sambungan kabel yang sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI),” pesannya.

Disamping itu juga, Pemkot Jakarta Timur sendiri telah melakukan sosialisasi tentang pencegahan dan penanganan bahaya dini kebakaran. Mereka juga diminta mengimplementasikan pengetahuan yang diberikan dari sosialisasi tersebut dalam kehidupan sehari-hari.” Melalui Sudin PKP Jakarta Timur terus melakukan pelatihan pencegahan kebakaran. Nah, dengan ini saya minta warga ikut mendukung upaya pencegahan itu,” imbuhnya.

Semantar itu Anggota DPRD DKI Jakarta Komisi E Belly Bilalusalam mengungkapkan, pihaknya memberikan apresiasi atas kesigapan para jajaran Pemkot Jakarta Timur dalam memperhatikan para korban kebakaran yang melanda warga Kampung Bulak ini.

”Kita ucapkan terima kasih ya, jajajaran Pemkot Jakarta Timur dengan sigap dalam memberikan bantuan. Tadi juga kita lihat sudah tersedianya makan dan berbgai bantuan. Kemudian juga kita sampaikan keprihatinan. Karena ini secara berturut-turut, namun ini kita jadikan hikmah dalam lebih mewaspadai bahaya kebakaran,” pungkasnya.

Bagikan
Cetak

Berita Terkait