Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur



Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
76

Bulan Tertib Trotoar Jilid II Digelar Sepanjang Jalan Raya Otista Kecamatan Jatinegara


Tim Terpadu Operasi Bulan Tertib Trotoar Pemkot Jakarta Timur kembali menggelar patroli dan penertiban bagi penyalahgunaan trotoar di sepanjang Jalan Raya Otto Iskandardinata (Otista) hingga Jalan MT Haryono, Kecamatan Jatinegara, Rabu (13/9). Penertiban sebagaimana telah diatur dalam Instruksi Gubernur DKI Jakarta Nomor 99 Tahun 2017 dan Perda 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum yang mengutamakan program 5 Tertib.

Operasi diawali dengan apel petugas yang dipimpin langsung Oleh Camat Jatinegara Nasrudin Abu Bakar di Halaman Kantor Kecamatan Jatinegara. Diikuti kurang lebih sebanyak 90 personel gabungan meliputi unsur Satpol PP Kecamatan dan Kelurahan serta tingkat Kota, dan Satgas Suku Dinas Perhubungan dan Transportasi Kota Jakarta Timur.

Dalam menegakan Instruksi Gubernur DKI Jakarta Nomor 99 Tahun 2017 dan Perda 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum yang mengutamakan program 5 Tertib petugas gabungan berhasil sedikitnya mengamankan lima pelanggar parkir liar dengan sanksi penderekan, lima kendaraan roda dua dikenai sanksi operasi cabut pentil, satu gerobak PKL dan sejumlah perlengkapan kendaraan pedagang yang dijual diatas trotoar diamankan serta diberikan himbauan bagi para penjual.

Nasrudin mengatakan, operasi Bulan Tertib Trotoar ini dilakukan menyusul diberlakukanya pelaksanaan bulan tertib trotoar jilid ke dua hingga akhir bulan September. Dimana, kenyamanan dan keamanan fungsi trotoar dapat dirasakan manfaatnya bagi para pejalan kaki.

“Jadi, sudah banyak dirasakan oleh para pejalan kaki akan kenyamanan trotoar. Nah dengan bulan tertib trotoar jilid dua ini kita kan terus lakukan penyisiran. Jika masih ditemukan pelanggaran akan kita sanksi tegas,” katanya.

Dijelaskan Nasrudin, pelaksanaan BTT  Jilid dua diwilayah hukum Kecamatan Jatinegara sendiri terfokus pada sepanjang Jalan Raya Otistas sisi sebelah kiri menuju Jalan MT Haryono yang kerap dijadikan parkir liar dan PKL para pengunjung saat membeli perlengkapan kendaraan bermotor.

” Jadi kita fokuskan sepanjang jalan yang terintegrasi pada segitiga Jatinegara. Salah satunya sepanjang Jalan Raya Otista yang kerap dijadikan tempat Parkir Liar dan dan PKL dengan ini kita harapkan agar wilayah tersebut dapat kembali bersih dan rapih sesuai dengan penerapan 5 T DKI Jakarta ” tambahnya.

Nasrudin menegaskan, upaya Pemkot Jakarta Timur dalam menjalankan Instruksi Gubernur DKI Jakarta Nomor 99 Tahun 2017 dan Perda 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum agar sekiranya dapat didukung oleh masyarakat. Sehingga, terwujudnya fungsi trotoar sebagai tempat yang ramah bagi para pejalan kaki.

” Diharapkan agar warga dapat sadar dan membantu program pemerintah dalam mengembalikan fungsi trotoar sebagai sarana hak para pejalan kaki “ pungkasnya.

 

Bagikan
Cetak

Berita Terkait