Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur


img


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
190

200 Pokdarwis Bersihkan Lingkungan PIK Penggilingan


Asisten Perekonomian dan Pembangunan Jakarta Timur Sofyan Tahir membuka acara Gerakan Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona di Perkampungan Industri Kecil (PIK) Kelurahan Penggilingan Kecamatan Cakung, Kamis (12/10).

kegiatan yang di hadiri oleh Asisten Deputi Kelembagaan Kerja Sama Luar Negeri Kementrian Pariwisata Republik Indonesia Rinto Simbolon, Kepala Unit Pengelola Kawasan PIK Penggilingan Jakarta Timur Jhon Frial, Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Timur Iwan Hendry Wardhana, Dengan target peserta yang mengikuti kegiatan ini sekitar 200 Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

Asisten Perekonomian Jakarta Timur Syofian Taher  dalam sambutannya mengatakan," PIK Penggilingan merupakan destinasi sejarah dan cagar budaya wisata yang dimiliki Jakarta Timur, untuk itu kita perlu lestarikan dan perkenalkan kepada seluruh masyarakat untuk lebih mengenal PIK Penggilingan ".

Syofian menjelaskan," Sosialisasi Gerakan Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona ini merupakan momen penting untuk mempromosikan potensi pariwisara di Kota Administrasi Jakarta Timur, terutama 13 destinasi pariwisata daerah yang tercantum dalam SK Wali Kota Nomor 57 tahun 2017 Tentang penetapan destinasi pariwisata dan kawasan strategis pariwisata daerah kota administrasi Jakarta Timur tahun 2017.

Syofian menambahkan gerakan sadar wisata dan aksi sapta pesona merupakan satu diantara 10 program Kementerian Pariwisata Republik Indonesia sebagai upaya meningkatkan daya saing pariwisata Indonesia di ranah persaingan global.

Dirinya berharap dengan adanya kegiatan seperti ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan wawasan serta profesionalisme sumber daya manusia dan kemitraan pariwisata dari para pelaku industri pariwisata.

Sementara itu Rinto Simbolon mengatakan “ Ada 200 peserta pokdarwis yang membersihkan beberapa titik lokasi di PIK Penggilingan yang terbagi sesuai dengan warna pita yang diikatkan di lengan para peserta dalam Aksi Sapta Pesona ".

Menurut Rinto memilih PIK sebagai lokasi Pokdarwis dikarena kawasan PIK Penggilingan yang merupakan salah satu destinasi wisata di kawasan Jakarta Timur, “ Kegiatan ini bertujuan memberikan kesadaran kepada masyarakat bahwa kawasan PIK Penggilingan merupakan salah satu destinasi wisata di kawasan Jakarta Timur, para Pokdarwis antusias membersihkan lingkungan PIK dengan Masing-masing kelompok sudah memegang alat kebersihan seperti sapu lidi, pengki dan plastik sampah “.

Dirinya menjelaskan, " Beberapa hasil karya PIK sudah merambah ke mancanegara, jadi kami memilih PIK dalam acara ini bertujuan untuk memberikan edukatif dengan cara memberikan pemahaman dan informasi yang baik tentang kegiatan wisata sebagai bekal para wisatawan,dan nantinya evaluasi kegiatan ini disampaikan kepada Kementerian Pariwisata untuk dilakukan pembinaan lebih lanjut “.

Sementara itu Kepala Unit Pengelola Kawasan PIK Penggilingan Jhon Frial mengatakan," Sangat berterima kasih kepada Kementerian Pariwisata dan Pemerintah Kota Jakarta Timur dengan adanya kegiatan ini nama UPK PIK Penggilingan terkenal lagi, dan kami harapkan akan berlanjut, dan mempunyai keinginan lebih besar lagi yaitu dikenal hingga seluruh negara ASEAN “.

Jhon Frial menjelaskan ada sebanyak  1200 Pengusaha Kulit,Logam,garmen, dan negara Malaysia hingga Singapura salah satu langganan produk UKM di PIK Penggilingan dan saya berharap kedepan PIK harus lebih maju lagi dan lebih baik hingga besar namanya hingga di seluruh negara Kawasan ASEAN "jelasnya.

 

 

 

 

Bagikan
Cetak

Berita Terkait