Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur


img


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
188

Ketua TP PKK DKI Hadiri Pagelaran Seni Budaya Di RPTRA Citra Permata


Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi DKI Jakarta Ferry Farhati Ganis Baswedan menghadiri pagelaran hasil kegiatan pembinaan  pelatihan Seni Budaya di RPTRA dan Rusun Kota Jakarta Timur di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Citra Permata, Jalan Jatinegara Timur III Kelurahan Rawa Bunga, Kecamatan Jatinegara, Selasa (14/11). Kegiatan tersebut merupakan kunjungan kerja Ketua TP PKK Provinsi DKI Jakarta yang keempat terhadap hasil kegiatan pembinaan  pelatihan Seni Budaya di RPTRA yang berada di wilayah kota DKI Jakarta.

Hadir mendampingi  Ketua TP PKK Provinsi DKI Jakarta, Wakil Ketua I TP PKK Provinsi DKI Jakarta Nur Asia Uno, Wakil I TP PKK Provinsi DKI Jakarta Rusmiati Saefullah dan Kepala Dinas PPAPP Provinsi DKI Jakarta Dien Emawati. Hadir pula Wakil Walikota Jakarta Timur M. Anwar, Wakil Ketua TP PKK Kota Jakarta Timur Diah Anwar, Camat Jatinegara Nasrudin Abu Bakar, Kasudin Pariwisata dan Kebudayaan Kota Jakarta Timur Iwan Henry Wardhana, serta para Lurah se-Kecamatan Jatinegara.

Dalam sambutanya Ferry mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi upaya Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Tmur yang telah menggelar perhelatan akbar yang terkandung dengan berbagai hasil pembinaan dalam pelatihan seni dan budaya ini.

“Saya mengapresiasi ini. namun lebih baik terus libatkan potensial karang taruna, sehingga berbagai inovasi dapat terlahir secara aktif,” katanya.

Dijelaskan Ferry, RPTRA sendiri bertujuan tempat berkumpul bagi masyarakat, dimana satu dengan lainya dapat saling berkomunikasi dengan baik. ”Seperti yang diharapkan, RPTRA adalah tempat berkumpul bagi warga. Nah, dengan wadah inilah RPTRA juga bisa menjadi tempat menimpa ilmu dan pengalaman bagi karang taruna. Karena itulah saya berharap agar setiap kegiatan seperti ini selalu melibatkan karang taruna. Mereka bisa dilibatkan untuk merancang dan menjalankan acaranya,” paparnya.

Sementara itu Wakil Walikota Jakarta Timur M. Anwar mengungkapkan, sebanyak 59 RPTRA sudah dibangun di Jakarta Timur. Rinciannya, 11 RPTRA dibangun menggunakan anggaran yang bersumber dari corporate social responsibility (CSR) dan 48 lainnya berasal dari APBD.

“Melalui RPTRA, pembinaan seni budaya semakin berkembang, kiita berharap semakin banyak prestasi yang bisa diukir. Kita juga ingin RPTRA bisa meningkatkan taraf ekonomi dan sosial di Jakarta Timur,” ujarnya.

Senada dengan Wakil Walikota, Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Jakarta Timur Iwan Henry Wardhana menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk menyalurkan bakat seni budaya dan mendorong kreativitas dikalangan anak dan remaja serta masyarakat.

“Diharapkan dengan adanya pergelaran ini dapat meningkatkan persatuan dan kesatuan generasi muda serta meningkatkan aktivitas juga partisipasi masyrakat khususnya orang tua, dewasa, remaja dan anak-anak dalam berkesenian,” katanya.

Dirinya menjelaskan, dalam kegiatan ini ditampilkan pementasan dari 17 kelompok seni tari binaan Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Timur dari RPTRA dan rusun yang ada di Jakarta Timur. Selain itu, dalam kegiatan ini juga dibuka layanan kesehatan gratis, konsultasi KB, serta bazar produk PKK.

“Kita gelar kegiatan ini empat kali di bulan ini. Di RPTRA Citra permata ini merupakan pagelaran ketiga, dengan ini kita harapkan pembinaan seni budaya di RPTRA dan Rusun  dapat menjadi aspek keselarasan pendidikan kesenian, dan sebagai sarana untuk membantu anak menjadi pribadi yang mandiri. Sehingga anak akan memiliki rasa indah dan peka dalam membentuk karakteristik pribadi sehingga menjadi manusia yang berbudi luhur dan kreatif dan mampu berwirausaha,” pungkasnya.

Bagikan
Cetak

Berita Terkait