Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur


img


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
623

Awal 2018, Wali Kota Tebar 75 Ribu Ikan Nila Di Situ Rawa Badung


Wali Kota Kota Administrasi Jakarta Timur Bambang Musyawardana memimpin Aksi Penebaran benih ikan (Restocking) di Situ Rawa Badung sisi timur Jalan Dr. KRT. Radjiman Widyodiningrat RW.008 Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung, Jumat (9/2).

Turut mendampingi Walikota, Camat Cakung Alamsyah, Lurah Jatinegara Dona Andria dan Perwakilan Sudin KPKP Kota Jakarta Timur, serta dihadiri oleh para RT/RW LMK.

Sebanyak 75 ribu ekor Ikan Nila Gift yang ditebar di sumber resapan air yang memiliki luas 5 Hektar tersebut, dengan tujuan dapat mensejahterakan masyarakat sekitar serta memberikan edukasi kepada seluruh warga guna menjaga keseimbangan lingkungan atau ekosistem perairan umum.

Wali Kota mengapresiasi atas keperdulian Suku Dinas  Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Kota Jakarta Timur menurutnya, penebaran benih ikan ini banyak dirasakan manfaatnya bagi warga.

“ Saya sangat mengapresiasi penebaran benih ikan, dan ini penebaran pertama dilakukan dengan jumlah 75 ribu ekor ikan, kegiatan ini sangat positif karena dapat dimanfaatkan seluruh masyarakat ” katanya.

Ditambahkan Wali Kota, pihaknya akan berencana lebih banyak menebar benih ikan disemua resapan air yang ada di Kota Jakarta Timur,” Target kita ada lima belas titik situ, danau dan waduk yang akan ditebar ” tambahnya.

Menurut Wali Kota , bibit ikan  Nila dinilai sangat cocok hidup di Waduk karena daya tahannya lebih kuat dibanding jenis ikan lainya. Selain itu, jenis ikan ini lebih cepat berkembang biaknya, ”Jenis ikan yang kita tebar ini banyak manfaatnya, selain dapat berdaptasi hingga berkembang biak, juga kaya protein dan gizi yang nantinya dapat dikonsumsi oleh masyarakat banyak ” paparnya

Dirinya pun mengagendakan Situ Rawa Badung nantinya dapat dijadikan sebagai tempat destinasi wisata, ” Kita bisa b, Terutama saat perayaan HUT Kota Jakarta, kita bisa meriahkanya dengan perlombaan memancing ” ujarnya.

Wali Kota mengharapkan, agar seluruh masyarakat dapat menjaga kelestraian lingkungan salah satunya menjaga keutuhan ekosistem Situ Rawa Badung berserta tanaman yang ada.

” Saya harapkan agar seluruh masyarakat dapat menjaganya boleh menangkap dengan waktu yang telah ditentukan. Idealnya,  tiga bulan kedepan dan hanya dengan pancingan tidak boleh manjala apalagi menyetrumnya, saya harapakan penghijauan tetap terjaga, sehingga nanti warga dapat menikmati hasilnya,” imbuhnya.

Sementara itu Ketua LMK Kelurahan Jatinegara Anshori mengungkapkan, pihaknya sangat berterima kasih kepada Pemerintah Kota Jakarta Timur. Menurutnya dengan adanya penebaran benih ikan ini banyak memberikan manfaat kepada seluruh lapisan masyarakat.

“ Sangat beterima kasih Pak Wali, ini sangat kami butuhkan terutama bagi masyarakat Kelurahan Jatinegara, selain hasil ikanya kita dapat, hiburan dengan memancing pun bisa menjadi hiburan warga, sesuai arahan Pak Wali kami akan menjaga kelestariannya ”  tandasnya.

Bagikan
Cetak

Berita Terkait

Web Statistik




Jumlah Pengunjung Website