Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur


img


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
414

Kemensos RI Salurkan Bantuan Sosial Non Tunai PKH Di Kelurahan Cakung Timur


Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) menyalurkan bantuan sosial non tunai Program Keluarga Harapan (PKH) Tahap I di Gelanggang Olah Raga Balai Rakyat, Jalan Balai Rakyat, Kelurahan Cakung Timur, Kecamatan Cakung, Jumat (23/2). Tercatat sebanyak 750 orang yang merupakan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Kelurahan Cakung Timur,  penerima KMP merupakan keluarga berpendapatan rendah, para Lanjut Usia (Lansia) dan penyandang Disabilitas, menerima bantuan sosial non tunai PKH tahap I  masing-masing menerima sebesar Rp 500 ribu.

Hadir pada kesempatan ini, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Jakarta Timur Alawi, Camat Cakung Alamsyah, Kasudin Sosial Jakarta Timur Benny Marta, Lurah Cakung Timur Sukariya serta  anggota DPR RI Komisi VIII Dwi Astuti Wulandari, Staf Ahli Mensos RI Marzuki dan Kepala Biro Keuangan Kemensos RI  R. Amin Raharjo.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Kota Jakarta Timur Alawi mengatakan, atas nama Pemerintah Kota Jakarta Timur dirinya mengapresiasi atas bantuan saluran bantuan sosial non tunai Program Keluarga Harapan (PKH) Tahap I ini dengan tujuan mengurangi beban KPM,  diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat.

“ Sebenarnya Pak Wali hadir disini, namun ada tugas yang tidak bisa ditinggalkan beliau, kami sangat mengapresiasi program mulia bantuan non tunai PKH tahap I yang sangat bermanfaat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat ” katanya.

Dijelaskan Alawi, bantuan PKH tahap I  disalurkan di 10 Kecamatan yang ada di Jakarta Timur,  masing-masing keluarga penerima  bantuan sebesar Rp 1.890.000 sedangkan untuk kesejahteraan sosial lansia dan disabilitas akan diberikan sebesar Rp 2.000.000. “ Untuk penyalurannya sudah terjadwalkan disetiap Kecamatannya kita hanya mengawal dan mendata sesuai dengan sasaran keluarga yang benar-benar membutuhkan ” paparnya.

Dirinya berharap, bantuan tersebut dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya sehingga masyarakat dapat merasakan manfaat dari bantuan PKH itu sebagai upaya pengentasan kemiskinan. “Bantuan tersebut dapat digunakan untuk masyarakat, terutama ibu-ibu  untuk memenuhi kebutuhan anak sekolah dan lain sebagainya, mudahan-mudahan ini dapat membantu masyarakat yang  membutuhkannya ”.

Sementara itu Kepala Biro Keuangan Kemensos RI  R. Amin Raharjo mengungkapkan, pihaknya berterima kasih atas kerjasama yang telah dilakukan oleh Pemkot Jakarta Timur dalam membantu jalannya penyalurah PKH tahap I tahun 2018 ini. Dijelaskan Amin, bansos non tunai merupakan bantuan dari pemerintah yang diberikan kepada keluarga penerima manfaat yang berasal dari rumah tangga miskin ditiap triwulan yang ditransfer kerekening masing-masing KPM melalui Bank Himbara.

“Kami ucapkan terima kasih atas Pemkot Jakarta Timur yang sudah membantu kami dalam pelaksanaan saluran dana bansos bagi PKM di Kecamatan Cakung ini mekanisme pemberian bansos PKH pertahun dibagi  beberapa tahap dengan jumlah yang sudah ditentukan,” ujarnya.

Anggota DPR RI Komisi VIII Dwi Astuti Wulandari mengatakan, pihaknya akan mengawal seluruh bantuan sosial tersebut agar tersalurkan sesuai jadwal yang telah ditentukan, ” Kami juga akan memonitor kemanfaatannya seperti apa, karena  tujuan bansos PKH ini untuk meningkatkan kesejahteraan KPM, sehingga mengurangi angka kemiskinan ” tandasnya.

 

Bagikan
Cetak

Berita Terkait

Web Statistik




Jumlah Pengunjung Website