Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur


img

KIP


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
163

Rutin PSN, Wakil Wali Kota Jaktim Sesalkan Masih Ada Jentik Di Rumah Warga Kelurahan Jatinegara


Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Timur Uus Kuswanto memimpin aksi Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di RW 012 Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur pada Jumat (12/4/2019).

Dalam aksi tersebut, Uus Kuswanto didampingi oleh Camat Cakung Achmad Salahudin, Lurah Jatinegara Slamet Sihabudin, perwakilan Dinas Kesehatan Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) DKI Jakarta Dr. Dwi Oktavia, dan para kader Juru Pemantau Jentik (Jumantik).

Uus beserta para pedamping mendatangi rumah-rumah warga. Setiap genangan air yang ada di rumah menjadi sasaran utama pengecekan jentik nyamuk.

Pemeriksaan genangan air disasar karena merupakan sumber berkembang biaknya nyamuk Aedes Aegypti yang dapat menyerang warga dan berakibat serangan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

“Sangat disesalkan masih terdapat jentik nyamuk di beberapa rumah warga setelah rutin melaksanakan PSN. Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur tidak ada hentinya terus melaksanakan kegiatan PSN ini, guna membebaskan kasus DBD yang marak di Jakarta Timur ini," tegas Uus.

"Kasus DBD ini harus diberantas sampai tidak terdapat lagi warga yang menjadi korban. Maka dari itu warga diharapkan untuk lebih memperhatikan lagi kebersihan lingkungan khususnya di rumahnya sendiri," jelasnya.

Maka dari itu, Uus mengimbau agar para warga masing-masing di rumahnya minimal memiliki satu orang Jumantik Mandiri. Hal itu dinilai menjadi pencegahan awal agar jentik nyamuk tidak berkembang biak semakin luas dan membahayakan kesehatan warga.

Sementara itu, Dr. Dwi Oktavia perwakilan dari Dinas Kesehatan Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) DKI Jakarta menyebutkan, terdapat lima kasus DBD di Kelurahan Jatinegara. Ia menilai data tersebut terbilang masih rendah di Jakarta Timur tetapi warga tetap diminta untuk tetap menjaga lingkungannya.

"Memang curah hujan ini memang sedang tinggi yang dapat merangsang nyamuk untuk berkembang biak dengan mudah. Maka dari itu para Jumantik, khususnya Jumantik Mandiri untuk terus membersihkan genangan air yang ada di rumah setiap harinya. Saya yakin nyamuk tidak akan berkembang biak secara bebas," tandas Dwi.

Bagikan
Cetak

Berita Terkait

Web Statistik




Jumlah Pengunjung Website