Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur


img

KIP


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
296

Sekko Jaktim : Saya Kecewa Ada Jentik Nyamuk Di Rumah Mewah


Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Timur Usmayadi melaksanakan aksi Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) 3M Plus (Menguras, Menutup, Mengubur, Plus segala bentuk pencegahan lainnya) di Gang Damai RT 011/RW 001 Kelurahan Bambu Apus, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur pada Jumat (12/4/2019).

Aksi PSN 3M Plus dilakukan dalam bentuk pencegahan dan menekan angka kasus penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di Jakarta Timur.

Berdasarkan pantauan di lokasi pukul 08.45 WIB, Usmayadi bersama para kader Juru Pemantau Jentik (Jumantik) mulai memantau rumah-rumah warga. Mereka mengecek kamar mandi, dispenser, penampungan air pendingin ruangan, kulkas, dan pekarangan rumah warga.

Dari lima rumah warga, ditemukan dua rumah yang memiliki jentik nyamuk. Menariknya, salah satu rumahnya terbilang masuk kategori rumah mewah. Mereka menemukan jentik nyamuk di penampungan air bekas kolam, pot bunga, ban bekas dan tanaman hias belakang rumah.

“Saya kecewa dalam pelaksanaan PSN tadi, ada satu rumah mewah ditemukan banyak jentik yang diperiksa oleh saya bersama kader Jumantik. Kami menyebar ke beberapa titik lingkungan rumah yang cukup luas. Berarti orang kaya tidak menjadi jaminan peduli terhadap kebersihan dan mau ikut pelaksanaan kegiatan PSN," kata Usmayadi.

“Walaupun begini saya tetap berterima kasih kepada penjaga rumah mewah masih membukakan pintu rumah untuk dilaksanakan kegiatan PSN. Jika tadi tidak dibukakan mungkin kita tidak tahu ada jentik dirumah tersebut," lanjutnya.

Dari temuan tersebut, Usmayadi mengarahkan Kepala Puskesmas Bambu Apus Lince Ariance untuk kembali mengecek rumah itu pekan depan. Sebab, ia khawatir lingkungan sekitar rumah tersebut berdampak menjadi penyebab penyakit DBD.

Maka dari itu, ia meminta agar para warga tidak menyepelekan kebersihan lingkungan dan aksi PSN. Sebab akibatnya akan membahayakan nyawa seseorang.

Sementara itu Ketua RW 01 Kelurahan Bambu Apus Susilo mengatakan, wilayahnya telah melakukan aksi PSN 3M Plus secara rutin tetapi masih ditemukan jentik nyamuk. Ia berharap agar para warga ikut peduli menjaga lingkungannya setelah temuan jentik nyamuk tersebut.

“Bagi warga juga diharapkan ikut peduli bersama-sama menjaga kebersihan rumah masing-masing, dan menjadi kader Jumantik Mandiri sesuai dari arahan bapak Sekko," kata Susilo.

Selain itu Kepala Puskesmas Kelurahan Bambu Apus Lince Ariance mengatakan, telah terjadi penurunan kasus DBD di Kelurahan Bambu Apus menjadi hanya ada satu kasus.

"Diharapkan kedatangan bapak Sekko menjadi suatu dorongan semangat untuk kami kedepannya untuk lebih meningkatkan fokus kita dalam menekan angka kasus DBD di wilayah Jakarta Timur," kata Lince.

Bagikan
Cetak

Berita Terkait

Web Statistik




Jumlah Pengunjung Website