Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur



Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
128

Antisipasi Genangan, Sudin SDA Kuras Saluran PHB Penggilingan


Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Timur melakukan pengurasan terhadap sedimen yang ada di saluran penghubung (PHB) Penggilingan, sisi barat Jalan Raya Penggilingan, Kelurahan Pengggilingan, Kecamatan Cakung. Pengurasan dilakukan mulai dari fly over Pondok Kopi depan Gang Bona sampai ke gerbang masuk PIK Penggilingan.

Menurut Kepala Seksi Pemeliharaan Sudin Sumber Daya Air Jakarta Timur Yoze Rizal mengatakan, kegiatan ini sudah dikerjakan dari dua minggu sebelum bulan puasa hingga saat ini.

“Kegiatan pengurasan sedimen ini sebagai antisipasi saat musim hujan, sehingga tidak terjadi lagi genangan di Jalan Raya Penggilingan," ujarnya, Senin (17/7).

Dalam kegiatan pengurasan sedimen ini, pihaknya mengerahkan dua tim PHL Sudin SDA atau dikenal Pasukan Biru. “Kita kerahkan dua tim, dimana satu timnya terdiri dari 10 orang yang bekerja bergantian untuk menyelesaikan pengurasan sedimen sepanjang Jalan Raya Penggilingan sampai gerbang masuk PIK,” kata Yose Rizal.

Yose menjelaskan, sedimen yang berada dalam saluran berupa lumpur dengan tebal antara 30 sampai 60 centimeter dan sampah, berupa ranting pohon dan lainnya.

"Pengurasan saluran itu menyulitkan kita karena banyak saluran yang tertutup oleh coran semen yang sengaja dibuat oleh para pedagang, sehingga proses pengurasan menjadi terhambat dan harus dibongkar dahulu sama petugas," tuturnya.

Para petugas tambahnya, mengumpulkan sedimen dalam karung plastik di pinggir Jalan Raya Penggilingan. "Saya targetkan karung-karung yang berisi lumpur yang menumpuk di Jalan Raya Penggilingan akan diangkut oleh petugas hari ini juga usai menyelesaikan satu per satu progres titik yang diselesaikan,dan target rampung pengurasan di Jalan Raya Penggilingan dalam lima hari,” tutup Yose.

 

Bagikan
Cetak

Berita Terkait