Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur


img


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
321

Minimalisir Genangan, Sudin SDA Kuras Saluran PHB Di Jalan DI Panjaitan


Untuk meminimalisir genangan air yang terjadi saat turun hujan, Sudin Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Timur melakukan pengurasan saluran penghubung (PHB) di Jalan DI Panjaitan, Kelurahan Cipinang Besar Utara, Kecamatan Jatinegara. Sebanyak 30 orang pasukan Biru, sebutan bagi Pekerja Harian Lepas (PHL) Sudin SDA Jakarta Timur dikerahkan untuk menguras sedimen yang tebalnya antara 5 cm-1,5 meter.

Mereka terbagi dalam dua tim, dimana masing-masing tim terdiri dari 15 orang. Saluran yang dikerjakan berada sejajar dengan Kantor Kecamatan Jatinegara, mulai dari STIT Sapta Taruna sampai dengan perempatan Jalan Pramuka dan sisi timur dari Cawang Wika sampai perempatan Pemuda dengan panjang saluran kurang lebih 5-6 kilometer.

Menurut Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Timur Mustajab menjelaskan, pekerjaan ini untuk meminimalisir genangan jika musim hujan tiba. “Sudah ribuan karung yang terpakai untuk menaruh sedimen yang sudah kita keruk, dan 10 unit truk kita turunkan untuk pengangkutan sedimen dan sampah yang berada di saluran PHB DI Panjaitan," kata Mustajab, Rabu (23/8).

Mustajab menjelaskan, kendala yang ditemui di lapangan, banyak saluran yang tertutup sehingga menyulitkan pengurasan. “Banyaknya saluran yang tertutup dan harus kita bongkar secara manual setiap per 5 meter agar mempermudah tim mengerjakan saluran," jelasnya.

Pengerjaan menguras saluran PHB Jalan DI Panjaitan dengan ketebalan sedimen 50 cm sampai 1,5 meter. Permasalahan ini menurutnya, masuk dari laporan warga melalui aplikasi Qlue.
“Kita selesaikan permasalahan tersebut sehingga aliran air menuju Kali Baru berjalan lancar,” papar Mustajab.

Diharapkan, pengurasan selesai pada minggu depan. “Harapannya saat musim hujan tidak ada lagi genangan dan semakin berkurang genangan di wilayah Jakarta Timur,” ujarnya.

 

Bagikan
Cetak

Berita Terkait