Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur


img


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
205

Sekko Pimpin Aksi Kebersihan Di RW 14 Kelurahan Cililitan


Sekretaris Kota (Sekko) Administrasi Jakarta Timur Rusdiyanto memimpin Aksi Kebersihan Minggu Pagi (AKMP) di Jalan Mayjen Sutoyo RW 14 Kelurahan Cililitan, Kecamatan Kramat Jati, Minggu (17/9). Kegiatan AKMP yang rutin dilaksanakan setiap hari Minggu ini diikuti juga oleh para Asisten, Kepala Suku Dinas, Kepala Bagian, Lurah Cililitan Alamsah dan unit yang terkait lainnya.

Petugas yang turun dalam AKMP ini berasal dari Satgas Sudin Sumber Daya Air Jakarta Timur, Satgas Sudin Bina Marga Jakarta Timur, Satgas Sudin Lingkungan Hidup Jakarta Timur, petugas PPSU Kelurahan, Satpol PP Kecamatan/Kelurahan dan warga setempat.

Rusdiyanto mengharapkan, seluruh SKPD/UKPD terkait dapat meminimalisir permasalahan yang ada di masyarakat.  Masalah yang kerap terjadi antara lain,  berkaitan dengan saluran, baik saluran mikro maupun saluran penghubung.

“Hasil dari temuan kita di lapangan ini, ada yang dapat diupayakan langsung dan juga berkelanjutan dengan melaksanakan rapat koordinasi teknis dengan mengundang baik dari pihak swasta, perwakilan dari masyarakat termasuk UKPD terkait untuk menyelesaikan persoalan yang ada di lapangan," ujarnya.

Kegiatan AKMP ini menurutnya, untuk melihat fungsi dari saluran dan memastikan kebersihannya, serta sarana prasarana umum lain agar berjalan sesuai dengan tujuannya. “Seperti taman karena standarisasinya belum ideal dan sifatnya konvensional karena masyarakat masih menanam sendiri. Pemerintah juga belum secara terprogram dalam jangka panjang seperti contoh pengamanannya di areal taman belum ideal," tutur Rusdiyanto.

Lurah Cililitan Alamsah mengatakan, alasan AKMP di wilayah RW 14 Kelurahan Cililitan karena ketika terjadi intensitas hujan yang cukup tinggi, aliran air agak sedikit naik sehingga mengganggu pemukiman sekitarnya.

“Kebetulan di sini kepedulian masyarakat masih kurang sehingga saya berharap dengan diadakan kerja bakti seperti ini kita dari unsur pemerintah seperti dari tingkat Kelurahan, Kecamatan dan kota turun dapat menggugah masyarakat sekitar untuk peduli terhadap lingkungannya sendiri," ungkapnya.

Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Timur Mustajab menjelaskan Sudin Sumber Daya Air mempunyai tupoksi membersihkan saluran dipinggir jalan maupun diperkampungan. Pada kegiatan ini, pihaknya bersama masyarakat membersihkan saluran di pinggir Jalan Mayjen Sutoyo dengan panjang sekitar 300 meter. “Hasil tinjauan kami tadi, ada saluran yang menyimpit dari SPBU ke arah hilir dan menyebabkan terjadi genangan saat terjadi intensitas hujan yang cukup tinggi sehingga kita akan segera normalisasi," paparnya.

Menurut Mustajab, untuk tahap pertama, saluran dibersihkan dan saluran yang tertutup akan dibongkar sekaligus dibuat main hole per tiga meter. “Seperti yang berada di depan SPBU sehingga pasukan biru kita mudah untuk membersihkan. Dalam pelaksanaan pembersihan kita bisa turunkan Satgas dari Kecamatan tetapi untuk normalisasi kita programkan di tahun 2018," tandasnya.

Bagikan
Cetak

Berita Terkait