Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur


img


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
134

Walikota Pimpin Pengerukan Sedimen Di Saluran Air Kelurahan Pisangan Baru


Walikota Jakarta Timur Bambang Musyawardana memimpin Aksi Kebersihan Minggu Pagi (AKMP) Tingkat Kota Administrasi Jakarta Timur di RW 14 Kelurahan Pisangan Baru, Kecamatan Matraman, Minggu (22/10). Turut mendampingi Walikota, Asisten Pemerintahan Andi Ahmad Kohar, Camat Matraman Ahmad Salahudin, Lurah Pisangan Baru Tuti Sugihastuti, Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air Mustajab, Kepala Suku Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Jakarta Timur Yuliarto serta para pejabat kota lainnya.

Kegiatan AKMP yang diawali apel kebersihan di halaman Sekolah Dasar Negeri 13 Pisangan Baru Pagi Jalan Pisangan Baru Utara, Kelurahan Pisangan Baru ini melibatkan 200 petugas gabungan terdiri dari unsur unsur Satgas Sudin Sumber Daya Air, Satgas Sudin Binamarga, Stgasa Sudin Lingkungan Hidup, Satgas Sudin Penanggulan Kebakaran dan Penyelamatan (PKP), Petugas Penanganan Sarana Prasarana Umum (PPSU) dan Satpol PP serta warga setempat.

Adapun titik AKMP yang difokuskan yakni membersihkan saluran penghubung (Phb) yang menumpuk sehingga kerap terjadi genangan setinggi 35 senti meter di Jalan Boedi Oetomo menuju Pisangan Baru Tengah dan kearah Jalan Pisangan Baru Utara serta lingkungan masyarakat RT. 007/RW. 014 Kelurahan Pisangan Baru.

Walikota mengatakan, kegiatan Aksi Kebersihan Minggu Pagi ini merupakan kegiatan rutin Pemkot Jakarta Timur. Melalui kegiatan ini upaya pelayanan pemerintah dalam mewujudkan kota yang bersih dan sehat.

"Hari ini kita Jadwalkan AKMP di Kelurahan Pisangan Baru tepatnya di RW 014. Selain lingkungan sekitar kita fokuskan pada saluran penghubung yang keruk akibat tingginya sedimen hingga jika hujan deras terjadi genangan hingga 35 senti meter," katanya.

Dijelaskan Walikota, setelah di cari titik permasalahan aliran air pada saluran tersebut, karena adanya sumbatan yang disebabkan buruknya struktur saluran yang menyebabkan genangan."Kita telah berdiri dikedua saluran penghubung yang kita bersihkan. Terutama struktur saluran yang kurang baik, dengan ini kita bongkar dan kita buat crossingan sehingga aliran air saluran kembali normal," paparnya.

Namun demikian Walikota menghimbau agar seluruh warga dapat menjaga kelestarian lingkungan yang bersih, sehingga terciptan lingkungan sehat.

"Nah, program AKMP ini tujuanya memberikan edukasi kepada seluruh masyrakat agar kerja bersama dalam mewujudkan wilayah yang bersih dan sehat. Dengan ini, perubahan harus terjadi terutama menjaga kebersihan lingkungan diawali dengan membuang sampah pada tempatnya bukan di saluran," imbuhnya.

Sementara itu Lurah Pisangan Baru Tuti Sugihastuti mengungkapkan, pihaknya berterima kasih atas kedatangan Walikota beserta jajaranya. Menurutnya, perbaikan saluran penghubung ini merupakan salah satu kelurahan warga terutama saat hujan deras kerap terjadi genangan.

"Terima Kasih Kepada Pak Wali yang terjun langsung serta memberikan arahan kepada seluruh warga RW 014 Kelurahan Pisangan Baru. Dengan kerja bakti ini adalah point penting bagi kehidupan dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Nah, keluhan warga mengenai genangan sudah diberikan crossingan, maka itu mari kita jaga sesuai arahan Pak Wali agar tidak membuang sampah sembarangan karena dampak genangan itu akibat buruknya saluran karena tumpukan sampah," pungkasnya.

Bagikan
Cetak

Berita Terkait