Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur


img


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
150

Wakil Walikota Buka Sosialisasi Pelestarian Ikon Budaya Betawi


Dalam rangka memperkenalkan kebudaya Betawi kepada wisatawan lokal maupun wisatawan luar negeri, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur mengelar  sosialisasi pelestarian ikon budaya Betawi di ruang Serbaguna Blok C kantor Walikota Jakarta Timur, Kamis (13/10).

Kegiatan yang di buka oleh Wakil walikota Jakarta Timur Anwar tersebut turut di hadiri kasudin pariwisata dan kebudayaan jakarta timur Iwan Henry Wardhana, amara Sumber dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan. Provinsi DKI Jakarta Dr.  Supriati, MM serta 250 orang perwakilan yang terdiri dari para pegawai negeri sipil tingkat kelurahan dan kecamatan, para pelaku industri pariwisata baik pihak hotel, pengelola rumah makan, kafe dan tempat karaoke.

adapun 8 ikon budaya betawi yang harus dilestarikan diantaranya, ondel ondel, kembang kelapa, ornamen gigi balang, kebaya kerancang, baju sadariah, batik betawi, kerak telor dan bir peletok.

Wakil Walikota, mengatakan, pelaksanaan kegiatan sosialisasi pelestarian ikon budaya betawi ini dalam rangka menjalankan Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 11 tahun 2017 tentang ikon budaya betawi, “ Tujuan kita mengadakan kegiatan ini adalah melestarikan ikon budaya betawi agar para wisatawan lokal terutama wisatawan asing dapat lebih mengenal kebudayaan betawi ” tukasnya.

Sementara itu, Kasudin Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta timur, Iwan Henry Wardhana, mengatakan,  sosialisasi pelestarian ikon budaya betawi ini merupakan bentuk penyampaian Pergub Provinsi DKI Jakarta Nomor 11 tahun 2017 tentang ikon budaya betawi yang  bertujuan untuk memperkenalkan beberapa ikon budaya betawi kepada para pelaku industri yang ada di Jakarta Timur.

“ Kita berharap para pelaku industri pariwisata bisa memperkenalkan kembali budaya betawi yang sudah kita jelaskan kepada publik wisatan lokal maupun manca negara sehingga Jakarta bisa terangkat citranya, namanya serta pemasukan melalui budaya betawinya,” papar Iwan.

Kegiatan Sosialisasi pelestarian ikon budaya betawi ini sendiri diramaikan dengan tarian betawi dan sajian aneka makanan dan minuman khas betawi, serta peragaan busana budaya betawi.

Bagikan
Cetak

Berita Terkait