Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur


img


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
154

534 Hewan Tak Bertuan Diisolasi


Sebanyak 534 hewan tak bertuan di wilayah Jakarta Timur diamankan Suku Dinas (Sudin) Kelautan Perikanan dan Ketahanan Pangan (KPKP) Jaktim, Ratusan hewan itu telah diisolasi untuk menjalani proses sterilisasi rabies di Kebun Binatang Ragunan, kegiatan tersebut guna mengantisipasi penyakit rabies. Tercatat hingga Novemberi tahun 2017 KPKP telah memvaksin 6435 hewan,  jumlah tersebut meningkat mencapai 3750 dibandingkan tahun 2016.

Kasi Peternakan dan Kesehatan Hewan Sudin KPKP Jaktim Irma Budiany mengatakan hewan yang diamankan dan divaksin di 10 kecamatan Jakarta Timur termasuk kategori hewan berdarah panas,  Menurutnya, hewan berdarah panas paling mudah menyebarkan virus rabies.

“ Kucing dan anjing hewan yang diutama dalam vaksinasi dan pengamanan dari Sudin KPKP Jaktim karena hewan ini paling berkontribusi dalam menyebarkan virus rabies, bisa melalui angin maupun gigitannya,  terlebih virus akan mudah menular jika warga memiliki fisik yang lemah “ tambahnya.

Menurutnya Kegiatan mengamankan dan memberikan vaksin ini telah tertuang dalam Perda Nomor 11 Tahun 1995, pihaknya memprediksikan hingga akhir tahun mencapai 800 hewan yang diberi vaksin rabies jelasnya Irma saat  ditemui diruang kerjanya  (6/11).  

Penangkapan hewan liar penular rabies berkerja berdasarkan berdasarkan laporan dari masyarakat, “ Kami berkoordinasi dengan masyarakat, setiap muncul laporan tim ini akan langsung mendatangi lokasi, Tak ayal, kesigapan ini menghasilkan jumlah hewan yang sudah digelandang cukup tinggi “ ujarnya.

Dia menegaskan, yang diamankan tertampung di penampungan hewan liar di Ragunan  isolasi berlangsung hingga hewan tersebut dinyatakan aman, "Hewan ini juga bisa diambil secara sosial oleh masyarakat maupun pecinta hewan " jelasnya.

Irma mengajak masyarakat pemilik hewan peliharaannya  untuk divaksinasi setahun sekali, “ Mengvaksinasi hewan peliharaan adalah wajib, karena sejak sejak Oktober 2016 Jakarta dinyatakan sudah bebas dari rabies, Langkah vaksinasi dan pengamanan menjadi upaya mempertahankan status steril ”.

CO-Founder Jakarta Animal Aid Network Karin Franken menyambut gembira dengan diadakannya vaksinasi untuk hewan liar dan hewan yang sudah steril perlu diberi tanda, " Beberapa tahun terakhir pemerintah sudah bagus, termasuk program steril gratis. Tetapi, lebih baik hewan steril dikembalikan ke area asal, sehingga hewan steril ini akan mengalami populasi positif " jelas Karin. 

 

Bagikan
Cetak

Berita Terkait