Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur


img


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
173

Wujudkan Kawasan Layak Anak, Forum Anak Kecamatan Jatinegara Gelar Aksi Bahaya Rokok Bagi Anak


Puluhan aggota Forum Anak Jatinegara menggelar aksi pengumpulan kartu komitmen Jatinegara Llayak anak tanpa Rokok, di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak Cibesut, Kelurahan Cipinang Besar Utara, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, Sabtu (14/4).

Dalam Aksi ini Forum Anak Jatinegara berkeliling ke rumah warga guna mengumpulkan dukungan serta tanda tangan warga untuk berkomitmen mewujudkan wilayah Kecamatan Jatinegara sebagai kawasan layak anak bebas dari asap rokok.

Camat Jatinegara Nasrudin Abu Bakar mengatakan, dirinya memberikan apresiasi kepada forum anak Jatinegara yang berupaya mensosialisasikan bahaya rokok kepada warga,”Ini kegiatan yang sangat positip karena kita ketahui  saat ini perokok aktif sudah menjamur hingga kalangan remaja, untuk itu saya sangat mendukung upaya untuk melindungi generasi muda dari bahaya merokok,” katanya.

” Hasil keliling ke warga hingga saat ini sekitar 156 warga yang memberikan dukungan dan mereka mendapat stiker komitmen untuk ditempel di rumah masing-masing, masih banyak yang tidak menyadari bahwa Indonesia sekarang tertinggi dalam konsumsi tembakau sejak tahun 2004, hingga persentase perokok dewasanya paling tinggi di Asia Tenggara” paparnya.

Menurut Nasrudin, dirinya berharapkan melalui kegitan ini dapat membantu peran pemerintah dalam mensosialisasikan bahaya rokok yang banyak menimbulkan dampak negatif terlebih bagi anak-anak.

Sementara itu anggota Forum Anak Jatinegara Fajar Purnama mengatakan, kegiatan pengumpulan kartu komitmen ini didasari atas keprihatinan Forum Anak terhadap dampak rokok, khususnya terhadap anak, “Tingginya jumlah perokok anak, dipicu mudahnya anak membeli rokok dan mendapatkan rokok, dengan ini kita terus mencari solusi untuk menekan jumlah perokok bagi anak,” ujarnya.

Bentuk dukungan warga menurut fajar adalah bersedia berkomitmen menjalankan tiga hal yaitu, pertama warga untuk tidak merokok di tempat umum dan di dekat anak-anak, kedua warga menegur bila ada anak yang merokok dan terakhir  warga yang berusia kurang dari 18 tahun, untuk berkomitmen tidak merokok seumur hidup dan mengajak teman-temannya untuk tidak merokok.

Bagikan
Cetak

Berita Terkait

Web Statistik




Jumlah Pengunjung Website