Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur


img


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
264

Cegah Rabies, Petugas Sudin KPKP Amankan 15 Anjing Dan Kucing


Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Perikanan (KPKP) Jakarta Timur mengelar operasi penangkapan hewan penyebar penyakit infeksi tingkat akut yang disebabkan oleh virus rabies di Perumahan Eramas, Kelurahan Pulogebang, Kecamatan Cakung, Senin (17/7). Sedikitnya sebanyak 15 hewan yang terdiri dari anjing dan kucing berhasil diamankan.

Kepala Suku Dinas KPKP Jakarta Timur Agung Prambodo mengatakan operasi tersebut dilakukan sesuai peraturan daerah guna mencegah penyebaran virus Rabies serta penyakit menular lainya.

“Kita tentu tidak ingin penyakit rabies berkembang sampai menular ke manusia. Selaku pemerintah, kami wajib melakukan antisipasi. Salah satunya dengan razia unggas,” katanya.

Agung menambahkan, langkah serapa akan lembali dilakukan di beberapa titik. Selain Cakung, pihaknya juga sedang mengumpulkan informasi mengenai wilayah pemukiman yang dinilai banyak unggasnya.

”Bukan hanya kali ini saja ya, besok dan seterusnya razia hewan harus dilakukan. Sekali lagi, pemerintah wajib melakukan antisipasi terkait penyebaran virus melalui hewan,” tambahnya.

Dijelaskan Agung, petugas berkali-kali terlibat kejar-kejaran dengan hewan. Beberapa diantaranya bahkan harus menggunakan jaring untuk memudahkan proses penangkapan. Dirinya pun menghimbau, bagi warga yang merasa keberatan bisa langsung mengambil hewan peliharaanya di Tempat Penampungan Hewan Liar (TPHL) Ragunan, Jakarta Selatan.

“Cuma tadi sangat disayangkan ada seorang warga yang protes hewan peliharaanya kami ambil. Namun, kami tetap mengamankan untuk proses pengecekan,” pungkasnya.

 

Bagikan
Cetak