Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur


img


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
441

Walikota Targetkan Laporan Keuangan Tahun 2017 Capai Opini WTP


Walikota Jakarta Timur Bambang Musyawardana membuka sosialisasi peningkatan kapabilitas penyusunan laporan keuangan berbasis akrual, di Ruang Pola Blok A Lantai 2 Kantor Walikota Jakarta Timur, Rabu (15/11). Sosialisasi ini membahas mengenai kebijakan akuntansi, pelaksanaan jurnal tutup buku kas umum (BKU) secara harian, mekanisme penyetoran sisa lebih anggaran serta akan diterbitkanya Surat Edaran Sekda Provinsi DKI Jakarta terkait dengan batasan pencairan dan penyetoran akhir tahun.

Turut mendampingi Walikota, Kepala Suku Badan Pengelola Keuangan Kota Administrasi Jakarta Timur Iwan Kurniawan. Hadir sebagai narasumber dari BPKD Provinsi DKI Ayu Novita Wulandari dan peserta sosialisasi yaitu para bendahara SKPD/UKPD serta Sekretaris Kelurahan.

Dalam sambutanya Walikota mengatakan, pelaksanaan sosialisasi ini sebagai tindak lanjut atas Peraturan Gubernur Nomor 161 Tahun 2017 tentang kebijakan akuntansi terkait dengan perubahan kebijakan akuntansi, tutup buku harian dan mekanisme setoran akhir tahun.

“Sosialisasi ini sebagai wujud perintah Pak Gubernur dalam rapat pimpinan bahwa target atas laporan keuangan pemerintah daerah tahun anggaran 2017 dapat mencapai opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian-red),” katanya.

Ditegaskan Walikota dalam meraih capaian opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) tersebut perlunya berbagai upaya yang dibutuhkan salah satunya peningkatan dan komitmen bersama untuk mencatat dan mengamankan aset baik secara dokumen dan administrasi maupun secara fisik.

“Atas dasar itulah khususnya kepada pejabat penatausahaan keuangan (PPK) dan para bendahara untuk dapat memahami penyusunan laporan keuangan SKPD/UKPD sesuai dengan kebijakan akuntansi. Serta tanamkan komitmen dalam menyempurnakan laporan keuangan masing-masing sehingga target Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2017 dapat mencapai opini WTP,” paparnya.

Selain itu Walikota juga mengingatkan, bahwa sampai bulan November realisasi anggaran masih berkisar 60 persen. Oleh karena itu, dirinya meminta para SKPD/UKPD di lingkungan Jakarta Timur agar segera merealisasikan anggaran masing-masing sesuai dengan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) dan perencanaan baik secara fisik maupun non-fisik dapat diserap secara optimal.

“Nah, mengingat sudah memasuki akhir tahun bahwa sebentar lagi akan tutup buku. Artinya, waktu menghitung hari kurang dari satu bulan untuk itu saya ingatkan kepada seluruh PPK dan Bendahara untuk segera menyusun pertanggungjawabanya masing-masing dengan tertib,” imbuhnya.

Walikota berharap, kepada seluruh peserta sosialisasi penyusunan laporan keuangan dapat mengikuti dengan baik dan benar. ”Saya harapkan semua peserta mengikuti dengan baik sehingga apa yang menjadi harapan Pak Gubernur dan kita semua bahwa laporan keuangan Pemda DKI Jakarta di Tahun 2017 ini tersusun tepat waktu dan mematuhi azas kebijakan akuntansi, sehingga cita cita bersama yaitu menjadi opini WTP dapat terwujud,” pungkasnya.

Bagikan
Cetak

Berita Terkait

Web Statistik




Jumlah Pengunjung Website