Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur



Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
277

Wali Kota Pimpin Biduk Di Apartemen Sentra Timur Resindence Pulogebang


Sebanyak  128 Warga Negera Indonesia (WNI) dan 12 orang Warga Negara Asing (WNA) terjaring dalam operasi bina kependudukan (Biduk) yang dilaksanakan di Apartemen Sentra Timur Residence, Pulo Gebang, Cakung, Jakarta Timur, Rabu (12/9). 

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Wali Kota Jakarta Timur M. Anwar bertujuan melakukan pembinaan dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya  peraturan administrasi kependudukan.

Operasi biduk melibatkan 150 personel gabungan dari unsur TNI, Polri, Satpol PP, Satgas Dukcapil Kota Jaktim, Satgas Timpora Kantor Imigrasi Jaktim dan Petugas Penanganan Sarana dan Prasarana Umum (PPSU) dikerahkan untuk menyisir apartemen tersebut

Dalam operasi kali ini, petugas terfokus pada penduduk tetap maupun tidak tetap yang disinyalir belum mematuhi peraturan kependudukan di Apartemen Sentra Timur Residence,”Hari ini kita berkerjasama dengan imigrasi menyisir lima tower dari 2343 unit yang dihuni sebanyak 1800 orang, guna menjaring warga yang tidak memenuhi izin yang jelas di wilayah ini”.

Dipilihnya Apartemen Sentra Timur Residence menjadi sasaran biduk, menurut Wali Kota ditempat tersebut banyak warga pendatang dan WNA dikarenakan lokasi dekat dengan Terminal Pulogebang.

“Warga yang berhasil dijaring kami berikan pembinaan agar mereka tertib administrasi kependudukan, penghuni disini ada yang dari Bandung, Tangerang dan Bogor harusnya dia punya SKDS selama dia di Jakarta atau jika pindah mutlak ke Jakarta, punya surat pindah dari asalnya, “ jelas Wali Kota.

Wali Kota menegaskan, dirinya akan terus lakukan pengoprasian bagi seluruh tempat hunian diwilayah Jakarta Timur  dalam upaya menciptakan kondisi yang aman, “Kami sering melakukan hal seperti ini dalam rangka menciptakan kondisi aman di sekitar sini. Jadi yang datang siapa, keperluannya apa harus jelas, untuk menghindari bahaya narkoba dan timbulnya paham radikal. Dengan itu, kami harus lakukan biduk, supaya memberikan efek jera bagi mereka yang datang dengan niat tidak baik,” imbuhnya. 

Sementara itu Kepala Sub Bagian Tata Usaha Sudin Dukcapil Kota Jakarta Timur Enap Hanapi menjelaskan,  Operasi Biduk menjadi salah satu cara pengendalian arus urbanisasi di Provinsi DKI Jakarta, “Pada intinya operasi biduk ini mendidik masyarakat agar sadar administrasi kependudukan, bagi pendatang untuk melapor kepada perangkat kelurahan setempat”.

Ditambahkan Enap, mengenai masih banyaknya ditemukan terkait administrasi WNA. Dirinya, terus berkoordinasi dengan pihak Imigrasi Kota Jakarta Timur.”Jadi selain me lakukan pembinaan, kita juga melihat identitas paspornya untuk apa mereka datang ke Indonesia,” tambahnya. 

Selain itu Suryadi selaku Building Manager Apartemen Sentra Timur Resindence mengungkapkan, dirinya merasa terbantu dengan adanya operasi Biduk ini. Setidaknya, melalui pembinaan kependudukan ini dapat memberikan kesadaran dan menjaga keamanan bagi penghuni apartemen .

Bagikan
Cetak

Berita Terkait

Web Statistik




Jumlah Pengunjung Website