Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur



Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
611

Wali Kota Menutup TNI Manunggal KB Kesehatan Tahun 2018


Penutupan TNI Manunggal KB Kesehatan (TMKK) tahun 2018 oleh Wali Kota Jakarta Timur M. Anwar didampingi Plh. Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0505/ JT Mayor Lucky D, Penutupan TMKK tersebut bersamaan  dengan peresmian Ruang Publik Terpadu  Ramah  Anak (RPTRA) Jaka Berseri, Rusun Jatinegara Kaum Pulogadung, Jakarta Timur yang juga menjadi Kampung Keluarga Berencana (KB), Rabu (10/10).

Wali Kota Jakarta Timur, M. Anwar dalam hal ini mengatakan, penetapan kampung KB bertujuan agar masyarakat memahami dan menyadari arti penting Keluarga Berencana, “Dengan terbentuknya Kampung KB tahap ke-IV, jumlah kampung KB di Jakarta Timur sampai dengan tahun 2018 sudah berjumlah 31 lokasi”. 

“Program ini dilakukan guna mengoptimalkan pengendalian pertumbuhan penduduk, dan sebagai upaya percepatan revitalisasi program KB, sekaligus  meningkatkan kualitas hidup masyarakat sekitar,” lanjut Wali Kota.

Terkait dengan Bakti Sosial TNI Manunggal KB Kesehatan, menurut Wali Kota kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan TNI bersama dengan Pemerintah Kota Jakarta Timur dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat melalui pemberdayaan dan pembinaan kesehatan.

“Kegiatan ini sangat strategis sebagai upaya mengoptimalkan pemberdayaan masyarakat dan penyelenggaraan urusan Keluarga Berencana (KB), untuk itu pada kesempatan ini saya ingin menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada jajaran TNI di lingkungan Kodim 0505 JT yang telah bersinergi dengan SKPD/UKPD dan sektor swasta sehingga kegiatan penutupan TMKK tingkat kota Jakarta Timur terlaksana dengan baik," ujar Wali Kota.

Sedangkan Program TNI Manunggal KB Kesehatan, menurut Wali Kota bertujuan untuk mempercepat terlaksananya pembangunan dan KB sehingga seluruh lapisan masyarakat mendapatkan penyuluhan maupun pelayanan kesehatan terutama di bidang KB  serta mewujudkan kesehateraan masyarakat sebagai basis ketahanan nasional.

“Saya berharap program pengendalian penduduk dan ketahanan keluarga serta pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak dapat berjalan sesuai harapan,"tutup Anwar.

Sementara itu  Komandan Kodim (Dandim) diwakili Plh. Kasdim 0505 JT Mayor Lucky D mengatakan, "Pelaksanaan TMKK di Jakarta Timur tahun 2018, telah dilaksanakan selama 6 bulan, dari bulan Mei sampai dengan Oktober, kegiatan TNI Manunggal KB Kesehatan merupakan salah satu program operasional Bhakti TNI yang dilaksanakan oleh TNI bersama pemerintah daerah beserta masyarakat.

“Antusias masyarakat disini luar biasa mereka antri ingin mendapatkan pelayanan Keluarga Berencana, Kesehatan Reproduksi Keluarga dan Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR), Pemberdayaan dan Ketahanan Keluarga, Imunisasi lingkungan, Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) dan Komunikasi, Informasi, Edukatif (KIE),” ungkapnya.

Lucky menambahkan,"Manfaat langsung  dapat dirasakan, sehingga akan tumbuh semangat kebersamaan dan kekeluargaan yang harmonis antara TNI, Instansi terkait dan warga masyarakat," pungkasnya.

Pada kegiatan tersebut Wali Kota berkesempatan memberikan secara simbolis, tanaman produktif dan bibit ikan kepada warga sekitar, menyerahan paket peralatan sekolah dari PMI Jakarta Timur, KTP dan Akte Kelahiran dari Sudin Dukcapil, serta kursi roda bantuan dari Bazis Jakarta Timur.

Bagikan
Cetak

Berita Terkait

Web Statistik




Jumlah Pengunjung Website