Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur



Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
129

Sekko Tebar Ratusan Ribu Ikan Konsumsi Di Waduk H. Dogol


Sekretaris Kota (Sekko) Administrasi Jakarta Timur Usmayadi memimpin Aksi Penebaran benih ikan (Restocking) di Waduk H. Dogol, Jalan H. Dogol RT. 016/RW. 07 Kelurahan Pondok Bambu, Kecamatan Duren Sawit, Jumat (30/11). Sekitar 100 ribu ekor ikan konsumsi seperti Ikan Nila Gift dan Ikan Mas ditebar di sumber resapan air seluas 1,4 Hektar.

Usmayadi, mengatakan, penebaran benih ikan konsumsi ini bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat selain itu juga memberikan edukasi kepada  warga agar menjaga keseimbangan lingkungan atau ekosistem perairan umum.

“Saya mengucapkan terima kasih atas keperdulian Suku Dinas  Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Kota Jakarta Timur kepada warga sekitar waduk, karena penebaran benih ikan ini banyak dirasakan manfaatnya bagi seluruh warga,” ujarnya.

Menurut, Usmayadi, di tahun 2019 Pemkot Jakarta Timur akan menebar benih ikan yang dapat dikonsumsi masyarakat lebih banyak lagi disemua resapan air yang ada di Kota Jakarta Timur.

“Bibit ikan  yang ditebar dinilai sangat cocok hidup di Waduk karena daya tahannya lebih kuat dibanding jenis ikan lainnya. Selain itu, jenis ikan ini lebih cepat berkembang biaknya, juga kaya protein dan gizi yang tinggi,” paparnya

Kedepannya Waduk H. Dogol perlu dilakukan penataan, pengamanan dan pengawasan, ”Saya minta Lurah dan Sudin KPKP bersurat dengan instansi terkait guna penataan Waduk H. Dogol yang nantinya dapat dijadikan sebagai tempat destinasi wisata,” jelasnya.

“Penataan Waduk H. Dogol bertujuan untuk memberikan rasa aman bagi anak-anak yang bermain disini, jika penataan sudah berjalan, kita bisa buat event nantinya. Terutama saat perayaan HUT Kota Jakarta, kita bisa meriahkan dengan perlombaan memancing,”tambahnya

 Semenatara itu, Kepala Suku Dinas KPKP Kota Jakarta Timur, Yuli Hapsari mengungkapkan, bibit ikan yang ditebar di waduk ini lebih besar dari sebelumnya. Jika sebelumnya panjang benih hanya sekitar delapan hingga 10 sentimeter maka kali ini mencapai 15 sentimeter.

“Ini lokasi  kedelapan kita lakukan penebaran benih ikan di waduk atau setu yang ada di Jakarta Timur, untuk kali ini ikan yang ditebar benihnya lebih besar,  dalam waktu tiga bulan ke depan bisa dipanen warga,”ungkapnya.

Selain itu Lurah Pondok Bambu Angga Sastra menegaskan, dirinya akan secepatnya bersurat kepada Suku Dinas terkait guna melakukan pengawasan dan pengamanan mengingat antusiasme masyarakat sangat besar dalam penebaran benih ikan ini.

“Kita segera menindaklanjuti arahan Pak Sekko untuk bersurat dalam menata Waduk H. Dogol ini. selain mengantisipasi bahaya kecelakan pada anak, juga akan kita jadikan lokasi ini sebagai objek wisata warga,” tandasnya.

Bagikan
Cetak

Berita Terkait

Web Statistik




Jumlah Pengunjung Website