Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur



KIP


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
399

Walikota Pimpin Panen Raya Sawi Dan Penebaran 2000 Bibit Ikan Di Kantor Walikota Jaktim


Jakarta – Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Timur melakukan panen raya hasil urban farming (pertanian kota) yang dikelola oleh Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Kota Administrasi  Jakarta Timur tiga bulan lalu dihalaman Kantor Walikota Jakarta Timur. Panen raya jenis sayuran sawi tersebut dipimpin langsung oleh Wali Kota Jakarta Timur M. Anwar.

Hasil panen sayuran sawi tersebut mampu menghasilkan 10 kilogram dalam pertiga bulannya. Kegiatan panen raya sendiri dirangkai dengan olahraga bersama seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Jakarta Timur disertai penebaran 2000 ekor bibit ikan produktif. Diantaranya, sebanyak 1000 ekor ikan nila gift ditebar pada kolam gizi tugu Adipura, serta 1000 bibit ikan lele disaluran penghubung (Phb) loby Gedung Blok A Kantor Walikota Kota Administrasi Jakarta Timur yang dirubah menjadi kolam gizi.

Wali Kota mengatakan, “Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan contoh terhadap Lurah dan Camat agar menerapkan urban farming atau praktik budidaya dikantornya. Sehingga, hal ini dapat memancing kesadaran masyarakat untuk terus berupaya menjaga kelestarian lingkungannya masing-masing.”

“Kita akan terus gencarkan urban farming ini. Selain dalam rangka penghijauan, juga memiliki nilai dan manfaat untuk warga. Nah, dengan hasil panen ini tentunya Lurah dan Camat dapat menyesuaikan nantinya dalam membuat penghijauan dikantornya masing-masing,” katanya.

Urban farming merupakan upaya penghijauan ditengah minimnya lahan untuk bercocok tanam. Sehingga sangat cocok untuk dilakukan di tempat-tempat seperti kantor, rumah susun ataupun pemukiman padat penduduk.

Ditegaskan Wali Kota, “Selain penghijauan dengan cara urban farming ini. Juga meminta agar giat mengkampanyekan program Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) kepada seluruh warga terutama pada anak dalam masa pertumbuhan.”

“Penebaran bibit ikan ini juga terus kita lakukan. Di Jakarta Timur sendiri di Tahun 2018 lalu sedikitnya sudah sepuluh ribu benih ikan yang ditebar pada embung atau danau di Kota Administrasi Jakarta Timur. Inilah, salah satu upaya dalam mensejahterakan warga, sejalan dengan apa yang diinginkan Pak Gubernur dalam memajukan kotanya dan membahagiakan warganya,” tandasnya.

Bagikan
Cetak

Berita Terkait

Web Statistik




Jumlah Pengunjung Website