Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur


KIP


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
278

Pemkot Jaktim Sosialiasi Vaksin Rabies Gratis Untuk Anjing Dan Kucing


Jakarta - Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Timur mengelar sosialiasi penyakit rabies dan vaksinasi hewan gratis. Vaksin yang diberikan gratis untuk anjing dan kucing peliharaan

Kegiatan dipimpin langsung Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Administrasi Jakarta Timur, Syofian Tahir. Turut hadir Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Timur Yuli Absari, Camat Ciracas Musa Safrudin dan Lurah Kelapa Dua Wetan Budi Hartati.
Sosialiasi diikuti sebanyak 40 peserta di Jalan Persatuan RT 08 RW 08, Kelurahan Kelapa Dua Wetan, Kecamatan Ciracas. Mereka yakni Kader Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Kader Juru Pemantau Jentik (Jumantik),  Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kelurahan hingga Ketua RT dan Ketua RW

“Hari ini Pemerintah Kota Jakarta Timur melalukan sosialisasi, jadi kita sosialisasi dan  vaksinasi," ujar Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Administrasi Jakarta Timur, Syofian Tahir usai acara sosialiasi pencegahan penyakit rabies hewan anjing dan kucing di Kelapa Dua Wetan, Ciracas, Selasa (8/1/2019).

Sebagaimana diketahui, sosialisasi Pengendalian Hewan Penular Rabies (HPR) untuk mengedukasi masyarakat dalam mempertahankan Jakarta Timur bebas penyakit rabies. Sehingga menambah pengetahuan dan wawasan masyarakat dari bahaya penyakit rabies.

“Ini terbuka untuk masyarakat yang memiliki anjing atau kucing. Kegiatan ini sudah dilakukan dari tahun 2004 dan berkesinambungan tiap tahunnya. Ini selalu kita awasi secara kontinyu agar jangan sampai anjing, kucing, kera atau musang rabies menggigit orang,"jelasnya.

Sementara Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Yuli Absari mengatakan upaya sosialiasi ini sejalan dengan Perda 11 Tahun 1995 tentang Pengawasan Hewan Rentan Rabies, serta pencegahan dan penanggulangan.  Perda itu mengatur tata cara memelihara hewan penular rabies.

"Langkah kita tempuh supaya masyarakat menjadi tahu bahwa HPR itu memang sumber penyakit rabies. Hari ini kita melakukan sosialisasi khususnya di Kelurahan Kelapa Dua Wetan sebagai sampling, sosialisasi dan vaksinasi penyakit rabies terhadap anjing dan kucing akan terus dilakukan karena pemiliknya cukup banyak,"jelasnya.

Yuli mengatakan dalam penertiban anjing dan kucing akan dilakukan sesuai kesejahetraan hewan.  Kegiatan akan rutin dilakukan di 10 kecamatan dan 65 kelurahan Jakarta Timur.

“Untuk penertiban anjing dan kucing liar kami akan tetap lakukan tapi dengan cara-cara yang mengacu kepada kesejahteraan hewan. Untuk sosialisasi sudah terjadwal, kita ada Kepala Seksi Pelaksana Tugas dan vaksinatornya,"pungkasnya.

Bagikan
Cetak

Berita Terkait

Web Statistik




Jumlah Pengunjung Website