Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur



Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
489

Jokowi Tinjau Program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) Di Gongseng Ciracas


Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meninjau Program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) binaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yaitu Permodalan Nasional Madani (PNM) yang fokus untuk pembiayaan dan pendampingan usaha mikro kecil yang dilaksanakan di Lapangan Sepakbola Gongseng, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur. Dalam kunjungan ini Jokowi menyapa para nasabah Mekaar yang berjumlah 500 orang, Kamis (10/1/2019)

Program Mekaar ini memberikan layanan bagi wanita prasejahtera yang tidak memiliki modal untuk membuka usaha maupun modal untuk mengembangkan usaha mereka. Mekaar memberikan pinjaman modal serta menanamkan nilai penting bagi setiap nasabah untuk jujur dalam melakukan usahanya, disiplin dalam kehadiran di setiap pertemuan dengan kelompok dan juga membayar angsuran pinjaman tepat waktu, serta memupuk kerja keras untuk terus mengembangkan usahanya.

Jokowi yang didampingi oleh sejumlah pejabat di antaranya Menteri Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita, Kepala Bekraf Triawan Munaf, Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan, dan Wali Kota Jakarta Timur M Anwar.

Dalam pesannya, Jokowi meminta para nasabah Mekaar menaikkan kelas usahanya, setelah mendapat bantuan pinjaman dari PNM. Nasabah yang merupakan ibu-ibu rumah tangga ini mendapat bantuan modal usaha sekitar Rp 2 juta-Rp 3 juta dari PNM.

"Terpenting program Mekaar diberikan kepada ibu-ibu agar kegiatan usahanya lebih besar. Kalau sekarang bawah mikro bisa naik ke mikro, kecil, menengah dan seterusnya," kata Jokowi. Jokowi juga mengingatkan, “Bantuan modal usaha PNM tidak disalahgunakan. Modal harus betul-betul dimanfaatkan untuk mengembangkan usaha bukan dipakai untuk membeli handphone atau baju.”

"Saya titip jangan sampai dapat 2 juta dan yang sejuta untuk beli pakaian. Hati-hati jangan sampai seperti itu dan tak bisa kembalikan," ujar Jokowi.

Usai membuka acara Mekaar dan berdialog dengan para nasabah, Jokowi meninjau Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Dimana para UMKM menyajikan berbagai makanan, mulai dari keripik singkong, keripik pisang, pempek Palembang, cilok, dan bakso. Tidak hanya meninjau Jokowi membeli dan mencicipi berbagai macam makanan diantaranya keripik singkong, keripik bawang, pempek, cilok dan peyek kacang.

Bagikan
Cetak

Berita Terkait

Web Statistik




Jumlah Pengunjung Website