Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur



KIP


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
966

Wali Kota Mengecek Ketersediaan Bahan Pokok Dan Harga Di Pasar Klender


Wali Kota Administrasi Jakarta Timur M. Anwar mengecek ketersedian kebutuhan bahan pokok  bulan Ramadan di PD Pasar Perumnas Klender, Jalan Teratai Putih Raya, Kelurahan Malaka Sari, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur pada Rabu (8/5/2019).

Pengecekan ketersediaan bahan pokok diikuti oleh 50 petugas gabungan dan dipimpin Wali Kota. Adapun diantaranya yang ikut dalam kegiatan tersebut yaitu Asisten Perekonomian dan Pembangunan Jakarta Timur Syofian Thaher, Kepala Suku Dinas Perindustrian dan Energi Jakarta Timur Nurhidayat, dan Kepala Bagian Perekonomian Jakarta Timur Yeni Asnita.

Hadir pula, Kepala Seksi Pertanaian Suku Dinas KPKP (Ketahanan, Pangan, Kelautan dan Pertanian) Kanti dan Kepala Seksi Peternakan dan Kesehatan Suku Dinas KPKP Jakarta Timur Irma Budiani, Camat Duren Sawit Musa Safrudin, dan Para Lurah di Kecamatan Kramat Jati. Selain itu hadir pula anggota Satpol PP, Suku Dinas Perhubungan Jakarta Timur dan unsur terkait lainnya.

Wali Kota menyampaikan pasokan kebutuhan pokok di Pasar Perumnas Klender dalam kondisi aman dan stabil. Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur juga telah menyiapkan langkah dalam mengantisipasi lonjakan permintaan kebutuhan pangan selama bulan Ramadan hingga Idulfitri.

"Hasil tinjauan di lapangan ada beberapa komoditi yang naik harganya. Saya berharap para kepala pasar membantu melakukan pengawasan agar pedagang tidak semena-mena menaikkan harganya," kata Anwar.

Sejauh ini, stok pangan di PD Pasar Perumnas Klender dinilai cukup aman tetapi harganya mengalami fluktuasi. Oleh sebab itu, ia berharap saat jelang lebaran nanti harga kebutuhan pokok tidak  melonjak tajam. Karena warga yang akan merasakan dampaknya  terutama kalangan menengah ke bawah.

"Kita akan terus lakukan monitoring (pengawasan) di wilayah, apakah ada kendala dalam distribusi atau bagaimana," lanjut Anwar.

Sementara, Kepala Seksi Peternakan dan Kesehatan Hewan Suku Dinas KPKP Jakarta Timur Irma Budiani mengatakan terdapat kenaikan harga pada sejumlah komoditi.

Diantaranya yaitu ayam broiler Rp 37.000-Rp 40.000/ekor. Kemudian telur ayam dari Rp 24.000/kg menjadi Rp 26.000/kg. Selanjutnya, daging sapi khas dalam Rp 120.000/kg, daging sapi bistik Rp 115.000/kg, daging sapi murni Rp 113.000/kg dan bawang putih Rp 80.000/kg.

"Walau harga sejumlah komoditi cenderung naik namun pasokan sangat tercukupi. Jadi konsumen tidak kehilangan komoditi karena tidak terjadi kelangkaan barang," kata Irma.

Selain itu Manajer PD Pasar Perumnas Klender Awaludin membenarkan bahwa pasokan dan ketersediaan bahan pangan aman hingga lebaran meski terjadi kenaikan. Ia pun berterima kasih atas kunjungan jajaran Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur.

"Kenaikan harga sebelum awal puasa, dan sebelumnya memang ada sidak (inspeksi mendadak) dari Kementerian Perdagangan dan Kementerian Pertanian mengecek kenaikan harga bawang putih yang masih cukup tinggi. Tapi dari Kementerian Perdagangan sudah menjual bawang putih per kilogram Rp 30.000 dan Kementerian Pertanian menjual bawang putih Rp 25.000/kg," kata Awaludin.

"Diharapkan lonjakan harga di bulan Ramadan sudah tidak ada lagi kedepannya," lanjutnya.

Bagikan
Cetak

Berita Terkait

Web Statistik




Jumlah Pengunjung Website