Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur



KIP


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
531

Tim Gabungan Pemkot Jaktim Sidak Kualitas Pangan Di Pasar Swalayan


Tim Gabungan Ketahanan Pangan Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Timur melakukan inspeksi mendadak (sidak) di pasar swalayan Carrefour Buaran, Jalan Radin Inten, Kelurahan Klender, Kecamatan Duren Sawit, Jumat (10/5/2019). Sidak kali ini dipimpin oleh Sekretaris Kota Administasi Jakarta Timur Usmayadi.

Sidak tersebut mengerahkan petugas gabungan yang terdiri dari petugas dari unsur Suku Dinas (Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian) KPKP Jakarta Timur, Suku Dinas Kesehatan Jakarta Timur, Suku Dinas Perindustrian dan Energi Jakarta Timur, Suku Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perdagangan (KUMKMP) Jakarta Timur. Hadir pula perwakilan dari unsur kecamatan dan kelurahan, Satpol PP, Polri, dan TNI.

Dalam sidak pasar swalayan kali ini, petugas gabungan menyasar kebutuhan pangan hasil produksi perikanan, perkebunan dan peternakan selama bulan Ramadan dan Hari Raya Idulfitri. Sebelumnya, hal serupa juga dilakukan di sejumlah pasar tradisional.

“Kita juga lakukan pengecekan dari makanan ringan kemasan. Terutama parcel lebaran yang kerap diyakini ditemukan makanan yang sudah habis masa waktu pemakaian," kata Usmayadi.

Ia mengatakan, tujuan sidak bahan pangan di sejumlah pasar adalah untuk menjaga keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat. Oleh sebab itu, dalam sidak pasar swalayan kali ini para petugas gabungan langsung mengambil sampel dari masing-masing bahan pangan.

“Berdasarkan uji cepat dari berbagai komoditi-komoditi yang telah diambil sampel hasilnya yang didapatkan negatif. Sehingga makanan yang dijual itu layak untuk dikonsumsi warga. Dengan begitu warga aman membeli bahan pangan dan bisa dikonsumsi tanpa khawatir mengandung zat berbahaya,” terangnya.

Usmayadi berharap, kedepannya semua pasar tradisional dan pasar modern selalu menjual pangan yang sehat dan tidak memakai bahan zat berbahaya. Pihaknya juga akan terus melakukan pengawasan dengan berpindah-pindah tempat ke wilayah lain.

“Semua bahan pangan akan kami awasi agar warga tenang dan nyaman mengkonsumsi,” imbuhnya.

Sementara itu, perwakilan dari Unit Krimsus (Kriminal Khusus) Polres Metro Jakarta Timur Suparyono mengungkapkan, polisi siap mendukung dan membantu pengawasan. Pasalnya,  jika masih ditemukan bahan pengawet berbahaya tentunya ada pemberlakukan sanksi tegas.

"Kami mendukung, pengawasan akan digencarkan agar generasi bangsa tidak dirusak melalui makanan," ungkapnya.

Selain itu diungkapkan Ario Hernowo selaku Divisi Manager Fresh Carrefour Buaran bahwa ia berterimakasih kasih atas kunjungan yang dilakukan oleh seluruh jajaran Pemkot Jakarta Timur. Menurutnya, kunjungan sidak pangan ini merupakan peringatan baginya agar terus mengedepankan kualitas pangan yang diperjualkan.

"Kami berterima kasih, ini adalah peringatan bagi kami dalam menjaga kualitas pangan yang sehat. Untuk itu saya berterima kasih atas kunjungan ini," tandas Ario.

Bagikan
Cetak

Berita Terkait

Web Statistik




Jumlah Pengunjung Website