Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur



KIP


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
899

Wali Kota Dan Jajaran Ziarah Kubur Pangeran Jayakarta


Wali Kota Administrasi Jakarta Timur M. Anwar memimpin ziarah kubur makam Pangeran Jayakarta, di Jalan Jatinegara Kaum, Kelurahan Jatinegara Kaum, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur, Senin (17/6/2019).

Ziarah tersebut diikuti para pejabat Eselon II, III dan IV di lingkungan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur, dalam memperingati HUT ke 492 Kota Jakarta. Hadir pula Forum Komunikasi Pimpinan Kota Jakarta Timur sebagai bentuk kecintaan warga DKI Jakarta yang mencintai jasa para pahlawan.

Prosesi ziarah dimulai pukul 07.00 WIB, yang diawali dengan pembacaan sejarah singkat Pangeran Jayakarta, dilanjutkan dengan pembacaan doa. Setelah itu, Wali Kota melakukan peletakan karangan bunga diatas batu nisan makam Pangeran Jayakarta, dilanjutkan dengan penaburan bunga.

 “Ziarah kubur Pangeran Jayakarta ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilakukan menjelang HUT Kota Jakarta. Pangeran Jayakarta sendiri merupakan pahlawan yang berjasa bagi kemerdekaan bangsa, dan salah satu tokoh yang memelopori pembangunan di Jakarta,” kata Wali Kota.

Menurutnya, ziarah ini merupakan bentuk penghormatan kepada para pahlawan. Ia bersama Forum Komunikasi Pimpinan Kota (Forkopimko) Jakarta Timur pun ikut mendoakan para pahlawan.

Pada kesempatan ini, Wali Kota juga menyerahkan bantuan secara simbolis untuk perawatan kelestarian cagar budaya objek wisata religi di lingkungan sekitar makam pangeran Jayakarta. Bantuan yang diberikan sebesar Rp 10 Juta melalui dana Zakat Infaq dan Shodaqoh (ZIS) yang di kelola oleh  BAZNAS (Badan Zakat Nasional) Bazis Kota Jakarta Timur.

Wali Kota menjelaskan, keberadaan makam Pangeran Jayakarta sendiri tiap harinya tidak pernah sepi pengunjung. Ia juga terus memberikan perhatian sehingga  kondisi cagar budaya disini tidak mengikis seiring perkembangan zaman.

“Kami akan terus perhatikan keberadaan makam Pangeran Jayakarta yang terus diramaikan pengunjung. Dan saat ini dari sebanyak enam lokasi yang akan dibebaskan sudah dua lokasi dibebaskan sehingga dapat dimnafaatkan, baik itu lahan parkir dan keberadaan ekonomi produktif,” jelasnya.

Bagikan
Cetak

Berita Terkait

Web Statistik




Jumlah Pengunjung Website