Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur



KIP


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
682

23 Siswa Asal Maluku Kenali Manfaat Proyek BKT Jakarta Timur


Sebanyak 23 pelajar SMA dari Provinsi Maluku terpilih mengikuti kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri, melalui program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) Tahun 2019.

Kedatangan mereka diterima oleh Wali Kota Administrasi Jakarta Timur M. Anwar di Pintu Air Banjir Kanal Timur (BKT) Malaka Sari, Jalan Jenderal RS. Soekamto, Kelurahan Malaka Sari, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur pada Selasa (20/8/2019).

Selama di Jakarta, mereka mengikuti program SMN didampingi oleh Guru  berprestasi, Dinas Pendidikan Provinsi Maluku dan BUMN. Sebagai penyelenggara, BUMN DKI Jakarta bersama PT Indra Karya (Persero) mengajak para pelajar tersebut untuk mengetahui salah satu proyek.

Adapun proyek tersebut yaitu pembangunan BKT Jakarta Timur, yang dinilai memberikan manfaat besar dan dirasakan masyarakat dari ancaman banjir besar di Ibu Kota.

“BUMN Hadir Untuk Negeri ini, selain mempererat silaturahmi siswa berbagai daerah, juga memperluas wawasan dan pengalaman untuk lebih mengenal dan mengetahui keberagaman. Selain itu, untuk memupuk dan menumbuhkan rasa percaya diri, serta nasionalisme anak bangsa akan berbagai keragaman sosial, budaya dan tradisi yang tersebar di seluruh Indonesia,” kata Wali Kota.

Terkait kedatangan ke proyek pembangunan BKT Jakarta Timur, Wali Kota menyebutkan itu adalah inisiatif Pemerintah Povinsi DKI Jakarta dalam merealisasikan Jakarta bebas banjir. Adapun tujuannya agar BKT Jakarta Timur dapat menampung lima aliran air yang kerap mbulkan banjir, yakni Kali Cipinang, Kali Sunter, Kali Buaran, Kali Jati Kramat dan Kali Cakung.

Dari kunjungan tersebut, Wali Kota berharap agar para pelajar SMA dari Provinsi Maluku yang terpilih dapat menjadi duta program SMN.

Selain itu, diharapkan mereka dapat menjadi inspirasi kepada pelajar lainnya di Maluku, untuk berkontribusi memajukan bangsa dan mengabarkan terkait banyaknya potensi budaya wisata di Jakarta, khususnya Jakarta Timur.              

“Mudah-mudahan melalui program ini dan jiwa semangat kemerdekaan, akan menciptakan generasi unggul bangsa yang mampu berkompetisi dalam era global saat ini,” paparnya.

Wali Kota mengucapkan terima kasihkepada BUMN DKI Jakarta yang telah menggelar program Siswa Mengenal Nusantara Tahun 2019. Menurutnya, program ini telah berkontribusi positif dalam membina anak bangsa.

Direktur Utama PT Indra Karya (Persero) Milfan Rantawi mengatakan, kegiatan ini menjadi sarana untuk menanamkan rasa kebangsaan sejak dini. Sekaligus, kegiatan ini mendorong generasi muda untuk mengenal lebih jauh kekayaan nusantara sebagai bekal bersaing di pasar global.

“BKT ini dipilih karena potensi. Jadi selain untuk menangulangi banjir juga dapat menjadi destinasi wisata yang dikandung dengan berbagai kegiatan positif dan kewirasusahaan,” ujar Milfan.

Sementara itu, Hans Prisouw, salah satu perwakilan pelajar terpilih Provinsi Maluku mengungkapkan, sangat senang dapat bisa berkunjung ke Jakarta. BKT Jakarta Timur menjadi ajang keunikan baginya yang didapati sungai besar dan dilakukan penebaran ikan.

“Ini cukup menarik ya, nantinya kita dapat membagi pengalamannya kepada teman-temannya serta menginspirasi mereka untuk berpartisipasi dalam mengembangkan daerah asalnya,” ujar Hans.

Dalam kunjungan 23 pelajar SMA dari Provinsi Maluku, selain program Siswa Mengenal Nusantara Tahun 2019 mereka juga melakukan penebaran 1.000 bibit ikan mujaer di BKT Jakarta Timur.

Bagikan
Cetak

Berita Terkait

Web Statistik




Jumlah Pengunjung Website