Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur



KIP


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
499

Semangatnya Warga Cakung Barat Rayakan Festival Merah Putih


Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia Tahun 2019, Kelurahan Cakung Barat, Kecamatan Cakung menggelar Festival Merah Putih di Jalan Tipar Cakung Pool PPD, Sabtu (24/8/2019) pagi.

Festival Merah Putih dengan mengusung tema Colour Healthy Walk Tingkat Kelurahan Cakung Barat, diawali dengan gerak jalan sehat yang dilepas langsung oleh Camat Cakung Ahmad Salahuddin.

Tercatat, sebanyak 1.210 peserta terdiri dari para RT/RW Lembaga Masyarakat Kelurahan (LMK), PKK, Dasawisma, Kader Jumantik, serta para seluruh warga di Kelurahan Cakung Barat.

Mereka menempuh jarak sejauh 10 kilometer dengan melintasi Jalan Tipar Cakung Pool PPD menuju Jalan Gang Benteng, kemudian kembali lagi mengarah Jalan Jalan Tipar Cakung Pool PPD.

Selain jalan santai, Festival Merah Putih juga dimeriahkan dengan berbagai perlombaan, seperti lomba menghias tumpeng, lomba seni tari, lomba tarik tambang. Selain itu, juga diramaikan dengan doorprize serta berbagai stan bazar program kewirausahaan terpadu (PKT) Kelurahan Cakung Barat.

Lurah Cakung Barat Ridwan Dulhadi menjelaskan, Festival Merah Putih ini diharapkan mampu menjadi momentum dalam meningkatkan semangat kebangsaan seluruh warga Cakung Barat lebih tinggi lagi. Misalnya dalam mengisi hari-harinya dengan hal yang positif, kreatif dan berbudaya.

“Tentunya, ini wujud semangat kemerdekaan dengan adanya kolaborasi masyarakat yang dapat dijadikan unggul, bersatu dan maju bersama menuju bahagia. Sesuai dengan tema nasional kemerdekan ke-74 RI tahun 2019 ini yaitu SDM Unggul Indonesia Maju,” kata Ridwan.

Melihat antusiasme masyarakat yang terus berkobar, Ia memastikan Festival Merah Putih Kelurahan Cakung Barat ini akan dijadikan agenda rutin tiap tahunya. Pasalnya, makna dari kemerdekaan inilah terkandung dalam Kebhinekaan, yang menggambarkan proses penyatuan keberagaman antar warga.

“Kita akan jadikan semangat ini bukti persatuan seluruh warga ditiap tahun kedepan,” tambahnya.

Sementara itu, diungkapkan Misseli salah satu warga RW 01 Kelurahan Cakung Barat mengungkapkan senang riang dalam kemeriahan Festival Merah Putih Kelurahan Cakung Barat.

"Senang sekali ya, apalagi ini akan dijadikan agenda rutin di HUT Kemerdekan RI,” ungkap Misseli.

Hal senada dirasakan oleh perwakilan Sanggar Lenong Kompak Kecamatan Cakung, yang mengatakan bahwa Hari Kemerdekaan ke-74 RI menjadi momentum peningkatan potensi kelestarian seni budaya. Sebab, berbagai potensi ditampilan melalui di Festival Merah Putih Kelurahan Cakung Barat.

”Kami merasa ada, kesenian betawi lenong ada untuk keragaman Indonesia,” pungkasnya.

Bagikan
Cetak

Berita Terkait

Web Statistik




Jumlah Pengunjung Website