Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur



KIP


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
1000

Walikota Resmikan Klinik Matahari RSUD Pasar Rebo Pelayanan Tuberculosis RO


Wali Kota Administrasi Jakarta Timur Anwar meresmikan Klinik Matahari Layanan Tuberculosis (TB) Resisten Obat (RO), di Rumah Sakit Umum Daerah Pasar Rebo, Jakarta Timur, Kamis (17/10/2019).

Peresmian Klinik Matahari yang mengkhususkan pelayanan penyakit TB RO dilakukan dengan pengguntingan pita oleh Wali Kota didampingi oleh Direktur RSUD Pasar Rebo Isnidyarti dan Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Wiendra Waworuntu.

Dalam kesempatan ini juga dihadiri Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Timur Indra Setiawan, Camat Pasar Rebo Anton Widodo, Lurah Gedong Jiji Kusnawan.

Wali Kota mengatakan,"Keberadaan Klinik Matahari menjadi aset Pemerintah Kota Jakarta Timur dalam memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat, serta komitmen Pemerintah Kota Jakarta Timur dalam melaksanakan amanat Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta Nomor.28 Tahun 2018 untuk penanggulangan TB,"katanya.

Anwar menambahkan,"Dengan adanya Klinik Matahari sebagai layanan TB Resisten Obat RSUD Pasar Rebo diharapkan dapat memudahkan dan mendekatkan pasien TB Resisten Obat untuk berobat selain di RSUP Persahabatan dan RSUD Matraman di wilayah Jakarta Timur,"ujarnya.

Wali Kota berharap,"Peran serta para Lurah dan para Camat dalam mensosialisasikan warga masyarakat untuk terus melakukan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), selain itu juga kader jumantik bukan hanya mensosialisasikan penyakit DBD tetapi juga mengingatkan bahaya penyakit TB menjadi perhatian lebih, agar Jakarta Timur terbebas dari penyakit TBC,"pungkasnya.

Seperti diketahui pengobatan Tuberculosis adalah pemakaian obat dalam jangka panjang, sehingga pasien kadang alpa memakai obatnya secara rutinitas, sehingga resistensi pada yang bersangkutan akan muncul. Bisa juga pasien tertentu mempunyai resistensi dengan jenis obat tertentu. Sehingga penanganannya lebih khusus.

 

Dalam hal ini Direktur RSUD Pasar Rebo, Isnidyarti mengatakan,"Ini memang program stategi daerah untuk mengeliminasi TB. Jadi targetnya tahun 2030 itu Jakarta sudah bebas dari TB. Sedangkan TB terus berkembang dan yang kita khawatirkan TB RO seperti ini. Jadi kita harus memberikan pelayanan baik sarana maupun prasarana".

Isnidyarti menambahkan, "Hingga 17 Oktober 2019 DKI Jakarta memiliki 11 rumah sakit yang mampu melakukan pelayanan TB RO salah satunya RSUD Pasar Rebo, untuk Jakarta Timur sendiri ada tiga, yakni RSUP Persahabatan, RSUD Matraman dan RSUD Pasar Rebo. Dengan diresmikannya Klinik Matahari ini dapat mengurangi penyakit penderita TB di Jakarta, khususnya Jakarta Timur," tutupnya.

Bagikan
Cetak

Berita Terkait

Web Statistik




Jumlah Pengunjung Website