Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur


KIP


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
642

Wali Kota Buka Gerakan Literasi Kejujuran Di RTH Taman Cempaka


Jakarta Timur -- Wali Kota Jakarta Timur M.Anwar Meresmikan Kegiatan Acara Literasi Kejujuran di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taman Cempaka Jalan Rawa Lindung RT 001/ RW 04 Kelurahan Cilangkap, Kecamatan Cipayung, Minggu (10/2/2019).

Peresmian Literasi Kejujuran di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taman Kencana dengan pengguntingan pita pembukaan Rumah Kecil Bagi Buku oleh Wali Kota Jakarta Timur M Anwar didampingi oleh Kepala Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta Wahyu Hariadi, dan Kepala Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Administrasi Jakarta Timur Eka Nur Etika Putra.

Sebelumnya Wali Kota Jakarta Timur melakukan beberapa kegiatan, antara lain yaitu, menebar benih ikan di Danau RTH Taman Cempaka, Pembuatan Lubang Biopori dan penanaman pohon langka yaitu Jamblang, diareal Taman.

Kegiatan Literasi Kejujuran yang dilaksanakan oleh Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Administrasi Jakarta Timur untuk membangkitkan dan  meningkatkan minat baca dan mendorong peran serta masyarakat dalam berkegiatan literasi RTH.

Gagasan sederhana ini untuk menggulirkan gerakan pembudayaan minat baca dengan mengusung konsep "Kejujuran". Gerakan dimulai dengan menyediakan sebuah tempat buku (Rumah Kecil Bagi Buku) yang berbentuk miniatur rumah berornamen Betawi yang berfungsi sebagai rak buku yang menyediakan buku-buku gratis untuk dibaca dan ditempatkan di sudut-sudut taman yang mudah di akses oleh masyarakat secara luas.

Nantinya aktivitas literasi ini berlangsung setiap hari dan setiap minggu dapat dilakukan berbagai kegiatan seperti mendongeng, menulis dan menggambar, asah kreativitas semua kegiatan ini dikawal oleh Komunitas Penggiat Literasi, Relawan atau warga setempat serta mendapat dukungan dari stakeholder (pemangku kepentingan).

M.Anwar mengatakan, “Literasi Kejujuran merupakan Gerakan Pembudayaan Minat Baca dan Promosi Literasi yang tidak saha menyediakan layanan baca tetapi juga bertujuan memupuk dan melatih amanah individu sifat kejujuran serta mendorong kesadaran berbagai antar sesama. Gerakan ini mengajak warga masyarakat untuk membaca dan mengembalikan lagi secara swalayan buku yang dibaca atau dipinjamnya, jika ada warga masyarakat yang akan menyumbang berbagi koleksi bukunya, bisa langsung ditempatkan di rak layanan baca.”

Anwar menambahkan,"Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara pemerintah dengan komunitas penggiat literasi, relawan, dan warga sekitar dalam menyediakan layanan baca di taman-taman dan mendorong tumbuh kembangnya minat baca di masyarakat.

Dari penjelasan Wali Kota, untuk tahap permulaan taman yang akan dijadikan percontohan Literasi Kejujuran ada pada 5 taman dan 5 Taman Bacaan Masyarakat (TBM). Dari 5 taman sebagai percontohan, yaitu Taman Cempaka, Taman Palem, Taman Mahoni, Taman Kota Pondok Ranggon, Taman Bambu. Untuk 5 TBM, yaitu TBM Tali Jaranan, TBM Saung Manggar, TBM Pustaka Kelana, TBM Kampung Buku, dan TBM Fatahillah.

Dalam arahannya Wali Kota berharap, “Kepada warga masyarakat mari kita jaga, kita rawat dan manfaatkan layanan ini dengan sebaik-baiknya. Bagi saudara saudara yang memiliki buku berlebih silakan menyumbang di tempat ini, sehingga kita bisa berbagi. Bagi anak-anak, manfaatkanlah tempat ini sebagai wahana untuk menumbuh kembangkan minat baca, daya imajinasi, kepedulian, cinta lingkungan dan tentu saja memupuk sifat-sifat amanah kejujuran,"pungkasnya.

Bagikan
Cetak

Berita Terkait

Web Statistik




Jumlah Pengunjung Website