Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur



KIP


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
319

Sekko Ungkap Pentingnya Peran Masyarakat Membangun Destinasi Wisata Di Jaktim


Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Timur Usmayadi membuka acara ‘Pemberdayaan Kelompok Sadar Wisata Untuk Terciptanya Sapta Pesona dan Sadar Wisata di Destinasi Unggulan Kota Administrasi Jakarta Timur’. Acara diadakan di Ballroom Hotel Best Western, Kelurahan Cipinang Cempedak, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, Kamis (14/3/2019).

Dalam hal ini, Sadar Wisata adalah bentuk kesadaran masyarakat yang berperan aktif dan bertanggung jawab sebagai tuan rumah bagi wisatawan yang berkunjung. Sementara Sapta Pesona adalah terciptanya tempat wisata yang aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah dan meninggalkan kenangan.

Usmayadi mengatakan, kegiatan kelompok sadar wisata sebagai  unsur penting dalam mendukung pengembangan destinasi pariwisata tentu tidak dapat terwujud secara otomatis. Maka dari itu dibutuhkan adanya langkah dan upaya untuk merintis, menumbuhkan, mengembangkan, dan melaksanakan secara konsisten di destinasi pariwisata.

"Harapan saya dari kegiatan ini, adalah untuk membangun kepariwisataan, memerlukan dukungan, dan keterlibatan seluruh pemangku kepentingan di bidang pariwisata.  Masyarakat adalah unsur pemangku kepentingan dan kalangan usaha bersinergi melaksanakan dan mendukung pembangunan pariwisata,” ujar Usmayadi dalam sambutannya.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Budaya Kota Administrasi Jakarta Timur Iwan Henry Wardana menilai tingginya masyarakat Jakarta Timur telah melaksanakan sadar wisata. Melalui   kegiatan Pemberdayaan Kelompok Sadar Wisata Untuk Terciptanya Sapta Pesona dan Sadar Wisata diharapkan agar timbulnya potensi wisata lainnya.

“Animo masyarakat terhadap sadar wisata ini sangatlah bergairah, bahkan level masyarakat meningkat bukan sadar wisata lagi namun sudah melaksanakan. Begitu juga para narasumber kali ini memberikan stimulan terhadap peserta bahwa Jakarta Timur ini sangat berpotensi untuk destinasi wisata. Di Jakarta Timur ini banyak sekali budaya asli dari kantong masyarakat yang dapat menjadi daya tarik wisatawan untuk destinasi wisatanya," jelas Iwan.

Kota Administrasi Jakarta Timur memiliki banyak destinasi wisata, atraksi wisata, dan beragam objek wisata lainnya, baik destinasi lama maupun baru.

Diantaranya yaitu Taman Mini  Indonesia Indah (TMII), Monumen Pancasila Sakti Lubang Buaya, Pusat Industri Kecil (PIK) Penggilingan, Pusat Batu Akik Rawa Bening, pusat meubel dan produksi kayu di Klender, dan beberapa pusat perbelanjaan (Mall) yang mewakili sebagai objek wisata belanja yang tidak kalah menarik perhatian para wisatawan.

Bagikan
Cetak

Berita Terkait

Web Statistik




Jumlah Pengunjung Website