Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur



KIP


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
209

Berbagai Sektor Berkolaborasi Saat Bahas Prioritas Warga Dalam Forum UKPD


Forum Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD) Tingkat Kota Administrasi Jakarta Timur pada Jumat (15/3/2019) di Ruang Pola Lantai 2 Blok A Kantor Walikota telah membawa hasil.

Forum UKPD kali ini dipimpin oleh Wali Kota Administrasi Jakarta Timur M. Anwar yang didampingi oleh Kepala Suku Badan Perencanaan Kota (Kasubanpekko) Jakarta Timur Hartati , Asisten pemerintahan Pemkot Jakarta timur Andi Ahmad Kohar dan Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Pemkot Jaktim Ari Sonjaya. Hadir pula para Kepala UKPD hingga Camat dan Lurah.

Sebelumnya, masing-masing UKPD mulai dari Kepala Suku Dinas, Kepala Suku Badan, Kepala Satuan Polis Pamong Praja (Satpol PP), Inspektorat Pembantu Kota (Irbanko), Kepala Puskesmas Kecamatan, Camat dan Lurah sejak Kamis (14/3/2019). Mereka berembuk dalam membahas hasil Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kelurahan dan kecamatan.

“Forum UKPD adalah membahas skala-skala prioritas wali kota dan gubernur yang perlu disinergikan. Makanya dalam dua hari ini untuk mensinergikan semua kegiatan yang diarahkan oleh Gubernur di wilayah masing-masing,” kata Anwar.

Salah satu yang dibahas adalah pencarian kawasan dengan mobilitas tinggi para pejalan kaki dan membutuhkan taman yang perlu ditata agar menjadi tempat interaktif warga.  Topik tersebut diangkat setelah Wali Kota mengikuti Rapat Pimpinan (Rapim) bersama Gubernur DKI Jakarta.

“Rencana akan dibangun dalam waktu dekat akan dibangun di Jalan Pemuda, karena di sana enggak terlalu jauh untuk membenahinya dan kelihatannya tinggal sedikit lah. Pedestrian sudah luas, hijaunya sudah oke dan tinggal kita sempurnakan,” katanya.

Selain membahas skala prioritas dari  Wali Kota dan Gubernur, pada Forum UKPD kali ini Kepala Suku Badan Perencanaan Kota (Kasubanpekko) Jakarta Timur Hartati mengatakan terjadi kolaborasi antar sektor. Kolaborasi terjadi untuk memecahkan usulan dan prioritas yang ada.

“Hari kedua ini yang dibahas adalah pleno dari hasil kelompok masing-masing bidang. Salah satunya yang paling menarik adalah kolaborasi dari antara semua sektor untuk membangun DKI Jakarta. Jadi kesan kolaborasi itu sudah nampak sekali, bukan lagi sektoral tapi per sektor,” kata Hartati.

“Misalnya menata trotoar itu dikeroyok bersama-sama dengan kolaborasi mengadakan survei dari PU (Suku Dinas Pekerja Umum), Taman (Suku Dinas Kehutanan), (Suku Dinas) Bina Marga dan Suku Dinas Perhubungan survei. Dia mendiskusikan bagaimana menata kolaborasinya,” jelasnya.  

Lewat kolaborasi tersebut, Hartati optimis pembangunan di Jakarta Timur akan cepat terselesaikan. Karena tak hanya melibatkan para sektor UKPD melainan masyarakat hingga para pakar.

Selain itu, menutup Forum UKPD hari ke-2 ini, dilakukan penandatanganan berita acara kesepakatan yang dilakukan oleh perwakilan Satuan Kerja Perangkat Daerah, Unit Kerja Perangkat Daerah, Asisten Pemerintahan, Kepala Subanpekko Jakarta Timur dan mengetahui Wali Kota yang diwakili oleh Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Timur Usmayadi.

Hari ini juga ada penandatanganan berita acara dari kesepakatan-kesepakatan kita tuangkan dalam berita acara yang ditandanganai oleh SKPD, Kepala Dinas, Asisten Pemerintahan terkait dan Kepala Subanpekko dan mengetahui Wali Kota.

 

Bagikan
Cetak

Berita Terkait

Web Statistik




Jumlah Pengunjung Website