Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur



KIP


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
1566

Sambut HUT DKI, Kolong Jalan Layang Jatinegara Dihias Mural Khas Betawi


Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) DKI Jakarta ke-492 pada 22 Juni mendatang, Kelurahan Rawa Bunga melakukan penataan lingkungan di kolong flyover atau jalan layang Jatinegara, Jakarta Timur dengan pembuatan mural pada Jumat (24/5/2019). Kegiatan menghias kolong jalan layang itu dibarengi dengan aksi gerebek trotoar di kawasan tersebut.

Pembuatan mural dimulai dengan apel di Kelurahan Rawa Bunga selanjutnya langsung menuju kolong jalan layang Jatinegara. Pembuatan mural ini secara simbolis dilakukan oleh Sekretaris Camat Jatinegara, Sarjono.

Adapun pembuatan mural melibatkan 40 petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU). Mereka langsung membersihkan trotoar di sepanjang Jalan Raya Bekasi Timur, mulai dari traffic light Kantor Kejaksaan Jakarta Timur menuju kolong jalan layang Jatinegara hingga depan Stasiun Jatinegara.

Mereka juga mengecat tembok pembatas rel kereta api sepanjang 300 meter dengan warna beragam. Termasuk juga membuat mural dengan gambar logo HUT DKI, pagar khas Betawi, gigi balang, ondel-ondel dan sebagainya.

Lurah Rawabunga Agustina mengatakan, kegiatan penataan lingkungan ini sebagai tindak lanjut Suraat Edaran Sekretaris Daerah No 54 Tahun 2019 selaku Ketua Panitia HUT ke-492 Kota Jakarta. Dimaksud agar semua instansi pemerintah dan swasta menata dan menghias kantor dan lingkungannya masing-masing.

"Selain aksi bersih-bersih juga kita lakukan pengecatan warna warni dan mural di sepanjang tembok pembatas rel kereta api," kata Agustina.

Menurutnya, terpilihnya kawasan kolong jalan layang Jatinegara hingga depan stasiun karena kondisi tembok mulai kusam, terutama pilar-pilar penyangga jalan layang. Seluruhnya dibersihkan dan dicat warna-warni dan kantin juga dicat ulang. Penataan tersebut ditargetkan rampung sebelum lebaran Idulfitri 1440 H.

"Konsep yang kita terapkan adakah pembuatan logo HUT DKI, mural ondel-ondel, gigi balang, pagar khas Betawi. Kita berdayakan PPSU yang memiliki jiwa seni tinggi untuk mengonsep dan membuat mural," lanjut Agustina.    

Bagikan
Cetak

Berita Terkait

Web Statistik




Jumlah Pengunjung Website