Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur



KIP


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
1045

Walikota Jaktim Resmikan Taman Bacaan Pioneer Perpustakaan Digital Antam


Walikota Kota Administrasi Jakarta Timur M. Anwar meresmikan Taman Bacaan Pioneer Perpustakaan Digital Antam, di RPTRA Jaka Berseri, Rusun Jatinegara Kaum Jalan Bekasi Timur Raya KM 16 No 30 RT/003 RW 1, Pulogadung, Jakarta Timur, Senin (4/11/2019).

Tanda diresmikannya Taman Bacaan Pioneer Perpustakaan Digital Antam, dengan pengguntingan pita oleh Walikota Kota Administrasi Jakarta Timur dan Direktur Sumber Daya Manusia PT Antam, Tbk. Luki Setiawan Suardi.

Dalam kegiatan ini Walikota Kota Administrasi Jakarta Timur didampingi oleh Kepala Suku Dinas Pemberdayaan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk Jakarta Timur Fetty Fatimah.

Hadir pula Kepala Suku Dinas Perpustakaan dan Arsip Jakarta Timur Eka Nuretika Putra, Camat Pulogadung Bambang Pangestu, Lurah Jatinegara Kaum Darsito, dan para lurah se-Kecamatan Pulogadung.

"Saya berharap bukan hanya satu saja di Jakarta Timur. Karena kelurahan di Pulogadung ada 7 saya berharap nantinya PT Antam membuat 7 perpustakaan digital di wilayah Jakarta Timur," kata Walikota.

Taman Bacaan Pioneer

Dalam peresmian tersebut, Walikota meninjau lokasi perpustakaan digital dan menilai kelayakan yang dinilai sudah sangat baik untuk mengedukasi peserta didik.

Dari kunjungan tersebut, ia meminta adanya penambahan program-program pembinaan, seperti untuk program Kota Layak Anak, Kota Sehat, Adipura, dan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat), buku-buku penunjang pendidikan anak.

Walikota mengimbau kepada Kepala Sudin Perpustakaan dan Arsip Jakarta Timur, bahwa perlunya pengembangan dan penambahan buku-buku untuk pendidikan tingkat PAUD, SD, SMP, SMP dan SMA.

"Serta, nanti Saya akan koordinasikan dengan Sudin Kominfotik Jakarta Timur untuk menambahkan film-film pengetahuan tentang pembangunan yamg ada di Jakarta Timur, disesuaikan dengan umur dari tingkat SD,SMP, dan SMA," tambahnya.

Sementara itu Direktur Sumber Daya Manusia (SDM), PT. Antam Tbk. Luki Setiawan mengatakan, Pembangunan Taman Bacaan Masyarakat dengan konsep digital pertama di wilayah Jakarta Timur ini merupakan salah satu bentuk inovasi.

Harapannya agar dapat memberikan manfaat yang positif bagi masyarakat. ANTAM bersinergi dengan PT Balai Pustaka (Persero) dalam penyediaan koleksi buku, baik fisik maupun digital.

Selain aneka karya sastra, pada TBM berkonsep digital juga dhadirkan fitur bacaan umum, remaja dan anak, buku-buku pelajaran kurikulum tahun 2013 yang disertai pembahasan soal-soal, buku audio, film dan video yang menarik untuk menambah wawasan baru bagi para penggunanya.

"Konsep digital dipilih agar memberikan digital experience yang positif bagi masyarakat sekaligus memotivasi anak-anak untuk belajar dan Iebih bijak memanfaatkan teknologi gawai," ujar Luki.

"Sejalan dengan pelaksanaan program CSR perusahaan, kami menetapkan lokasi TBM di sekitar wilayah operasi secara optimal agar menjangkau seluruh lapisan masyarakat seperti sekolah, RPTRA, kantor PKK desa, dan perpustakaan wilayah desa," tambahnya.

Kehadiran Taman Bacaan Masyarakat Pioneer Digital ini merupakan bentuk dukungan PT. Antam Tbk. dalam upaya pemerintah untuk meningkatkan minat baca. Hal itu dilakukan berdasarkan arahan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mencanangkan komitmen dalam membangun 1.000 taman bacaan di seluruh wilayah Indonesia.

Bagikan
Cetak

Berita Terkait

Web Statistik




Jumlah Pengunjung Website