Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur



Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
1010

Antisipasi Banjir, Kecamatan Jatinegara Gelar Grebek Sampah Di Bantaran Kali Ciliwung Jatinegara Barat


Camat Jatinegara Nasrudin Abubakar memimpin aksi grebek sampah di bantaran sungai Ciliwung Jalan Inspeksi Kali Ciliwung Jatinegara Barat, Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara (11/10). Kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya menjaga kelestarian kali Ciliwung serta mengantisipasi banjir saat musim penghujan datang.

Dalam aksinya grebek sampah menerjunkan sekitar 250 petugas gabungan yang terdiri dari UPK Badan Air, Sudin Sumber Daya Air, dan petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU).

“Aksi bersih-bersih ini di terfokuskan membersihkan sampah disekitar  jalan inspeksi, terutama mengangkut sampah didasar kali ciliwung hingga tebing dan trase kering Kali Ciliwung sekaligus memangkas rumput dan ilalang di bantaran tebing miring “ jelasnya. 

Nasrudin mengatakan, grebek sampah bantaran Kali Ciliwung Jatinegara Barat ini guna mengantisipasi bajir saat musim penghujan tiba. Menurutnya, aksi ini sebagai upaya untuk mengatasi banjir yang acap kali terjadi di wilayah Kampung Melayu.

“Kita tahu saat musim penghujan, Kali Ciliwung debit airnya naik, hari ini kami coba bersihkan dari sampah supaya air lebih cepat mengalir, selain membersihakan sampah juga akan dilakukan pengerukan Kali Ciliwung lantaran saat ini kondisi Kali Ciliwung telah mengalami pendangkalan cukup parah akibat endapan lumpur,” katanya. 

Menurut Nasrudin, pihaknya telah mengantisapi saat debit air meningkat akibat banjir kiriman Bogor, karena terhambat sampah  dan sedimen, sehingga air tidak meluap dan bisa cepat mengalir ,”tambahnya.

“Aksi kebersihan grebek sampah ini juga bertujuan untuk melestarikan kali ciliwung dengan menghilangkan kesan kumuh sehingga dapat menciptakan suasana nyaman dan indah di kawasan kali ciliwung,”ungkapnya.

Dirinya mengimbau, kepada masyarakat yang tinggal di bantaran kali untuk meninggalkan kebiasaan membuang sampah ke sungai, ”Kebersihan ini diharapkan dapat mengedukasi masyarakat sehingga kali atau sungai bukan lagi sebagai supermarket yang apa saja ada, untuk itu mari stop kebiasaan membuang sampah ke kali,” tandasnya.

Bagikan
Cetak

Berita Terkait

Web Statistik




Jumlah Pengunjung Website