Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur



Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
110

Wali Kota Buka Safari Gerakan Nasional Pembudayaan Gemar Membaca


Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur menggelar  Safari Gerakan Pembudayaan Gemar Membaca dalam upaya meningkatkan minat baca masyarakat. Kegiatan ini dibuka oleh wali kota Jakarta Timur, M. Anwar, di Ruang Pola Lantai 2 Blok A Kantor Walikota, Rabu (7/11).

Safari Gerakan Pembudayaan Gemar Membaca di inisiasi oleh Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI bersama DPR RI dan Pemerintah Daerah, dengan tujuan mengajak seluruh Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk mengkampanyekan gerakan gemar membaca kepada warganya.

“Dengan membaca kita dapat meningkatkan intelektualitas dan kuantitas emosional untuk menjadi pribadi yang lebih matang , terutama dalam menghadapi tantangan era globalisasi dan keterbukaan dewasa ini, “ ujar Wali Kota dalam sambutannya.

Namun dirinya menyanyangkan saat ini rendahnya minat baca anak-anak dan masyarakat, “Dalam masyarakat kita, budaya membaca merupakan budaya yang masih asing dan masih belum menjadi kebutuhan,” ungkap Wali Kota.

Ia mengatakan,  kondisi ini tentunya menimbulkan keprihatinan, untuk itu pihaknya melakukan bebagai kegiatan yang menarik minat anak-anak dan masyarakat untuk mulai gemar membaca , salah satunya melalui program Safari Gerakan Pembudayaan Gemar membaca melalui perpustakaan.

Wali Kota, menambahkan, Perpustakaan dapat memberikan bacaan yang murah, lengkap, dan berkualitas kepada anak-anak diIingkungan sekitar sekolah. Oleh sebab itu, dilihat dari fungsinya sebagai sarana mencerdaskan kehidupan bangsa. Tentunya, perpustakaan menjadi salah satu komponen penting dalam pengembangan dan peningkatan mutu pendidikan.

“Tidak mudah meningkatkan minat baca di tengah digitalisasi seperti saat ini. Hal ini menjadi tantangan pemerintah pusat dan daerah, bagaimana menumbuhkan minat baca bagi masyarakat. Membaca bisa langsung pada buku atau melalui referensi berbasis online. Kita harus memberi stimulus pada dua hal itu” jelas Wali Kota.

Menurut, Wali Kota Pemkot Jakarta Timur sendiri memiliki banyak program minat membaca antara lain, pojok bacaan yang sudah diterapkan disetiap Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) dan Rusunawa yang bisa dikolaborasikan dengan perpusnas. “Kita ketahui yang menjadi tolak ukur kemajuan suatu bangsa dapat dilihat dengan banyaknya terbitan buku dalam satu tahun dan jumlah buku yang dibaca oleh warganya”.

“Kita harapkan, berbagai program minat baca yang telah diluncurkan di Pemkot Jakarta Timur dapat dikolaborasikan bersama perpusnas. Sehingga, dapat terus memancing minat baca bagi seluruh masyarakat luas,” paparnya.

“Saya juga mendorong Kelurahan dan Kecamatan untuk terus menggelorakan pada seluruh warganya, dengan membuat pojok baca dalam setiap ruang pelayanan publik serta pusat berbelanjaan, Lurah dan Camat terus kami pesankan agar mensosialisasikan serta mendorong minat baca di ruang publik,” tandasnya.

Bagikan
Cetak

Berita Terkait

Web Statistik




Jumlah Pengunjung Website