Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur



Wali Kota Jakarta Timur M. Anwar pimpin rapat penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) t


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
282

Wali Kota Jaktim Optimis Pertahankan Opini WTP


Jakarta - Wali Kota Jakarta Timur, M. Anwar memimpin rapat penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2018  Wilayah Administrasi Jakarta Timur.  Wali Kota optimis dalam laporan keuangan tahun anggaran 2018 kembali raih Wajar Tanpa Pengecualian

Wali Kota Jakarta Timur M. Anwar didampingi Sekretaris Kota (Sekko) Jakarta Timur, Usmayadi, Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat  Kota Jakarta Timur Ari Sonjaya membuka rapat LKPD tahun anggaran 2018. Nampak hadir juga Kepala Suku Badan Pengelola Keuangan Daerah Jakarta Timur  Iwan Kurniawan, Kepala Suku Badan Pengelola Aset Daerah Kota Administrasi Jakarta Timur Ireni, serta camat dan lurah se-Jakarta Timur.

“Pada forum ini saya minta kepada para Unit Kerja Pemerintah Daerah (UKPD) untuk lebih cermat dalam menyusun laporan keuangan, sehingga opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) tetap kita pertahankan,” ujar Anwar usai rapat LKPD Tahun Anggaran 2018 di Ruang Pola Lantai 2 Blok A Kantor Walikota Jakarta Timur, Rabu (9/1/2019).

Anwar mengatakan laporan keuangan yang baik, harus patuh pada Peraturan Perundang-undangan dan Standar Akuntansi Pemerintah (SAP). Selain itu laporan dalam laporan juga harus tertib administrasi dengan didukung dokumen dan bukti penerimaan maupun pengeluaran.

“Kita patut bersyukur bahwa hasil audit (Badan Pemeriksaan Keuangan) BPK RI,  Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta Tahun Anggaran 2017 mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Saya harapkan laporan keuangan tahun 2018, juga dapat kita pertahankan WTP,"katanya.

Anwar menjelaskan beberapa capaian anggaran belanja untuk di tahun 2018, mencapai target realisasi belanja khusus Wilayah Kota Administrasi Jakarta Timur.  

“Capaian target realisasi belanja untuk Tahun Anggaran 2018 khusus Walikota Administrasi Jakarta Timur mencapai 94,07%, ini merupakan gabungan anggaran Sekretaris Kota Jakarta Timur, Kecamatan dan Kelurahan. Insya Allah hasilnya dapat dinikmati dan dirasakan langsung oleh masyarakat,"ujarnya.

Sementara itu Kepala Suku Badan Pengelola Keuangan Iwan Kurniawan mengatakan perlu ada sikronisasi dalam penyusunan anggaran belanja daerah dan aset.  Proses ini akan memakan waktu dari tanggal 9 - 14 Januari 2019.

"Untuk mengawali pelaksanaan penyusunan laporan keuangan tahun anggaran 2018 perlu sinkronisasi atau pencocokan data, melalui rekonsiliasi belanja daerah antara (Unit Kerja Pemerintah Daerah (UKPD) dengan Suku Badan Pengelola Keuangan (SBPK), sedangkan untuk aset dilakukan pencocokan data antara UKPD dengan Suku Badan Pengelola Aset,” pungkas Iwan.

Bagikan
Cetak

Web Statistik




Jumlah Pengunjung Website