Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur



KIP


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
765

Sekko Jaktim Minta Kelurahan Bambu Apus Tingkatkan Pelatihan Kerja


Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Timur Usmayadi dalam pembahasan usulan warga di Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kelurahan Bambu Apus meminta peningkatan pelatihan kerja kepada masyarakat. Karena dari usulan 68 kegiatan masih didominasi usulan fisik. Hal ini dikemukakan acara Musrenbang Tingkat Kelurahan Bambu Apus, Kecamatan Cipayung, Senin (11/2/2019).

Dari usulan 68 kegiatan, yaitu dengan rincian usulan fisik 59 kegiatan, sedangkan non fisik 9 usulan kegiatan, dengan total anggaran berjumlah sebesar Rp 7.758.632.865. Usmayadi berharap perbandingan kedua usulan diperhatikan dan agar direvisi kembali agar seimbang.

“Pembangunan bukan hanya mengedepankan usulan fisik saja, tetapi usulan non fisik harus menjadi prioritas juga, karena sesuai dengan arahan bapak Gubernur, masalah Sumber Daya Manusia juga harus diperhatikan, karena kota yang maju bukan hanya pembangunan fisik tetapi Sumber Daya Manusia yang terampil, cerdas dan pintar ini menjadi hal yang utama,” ujar Usmayadi saat membuka acara.

Terkait usulan non fisik, Usmayadi berharap dari template (file yang menyediakan format) ada 60 pelatihan yang telah disediakan untuk dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh masyarakat, seperti yang tertuang dalam daftar kegiatan strategis daerah pada Keputusan Gubernur (Kepgub) Nomor 1042 Tahun 2018 Tentang Daftar Kegiatan Strategis Daerah. Diantaranya yaitu, pelatihan servis handphone, menjahit, komputer, bengkel dan lain-lain.

Dari pengamatannya untuk pelatihan las, pelatihan tata boga, dan pelatihan tata rias terlihat hanya sedikit satu atau dua orang saja yang mengikuti, ini menjadi masukan dan diperhatikan Lurah dan Camat untuk membantu dan ditambah lagi usulan non fisik untuk keterampilan warga.

Dalam kegiatan tersebut Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Timur didampingi Kasubag Tata Usaha (TU) Suku Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Subanppeko) Abrar serta Pelaksana tugas (Plt) Camat Cipayung Mamad, Lurah Bambu Apus Dodo Supendi.

Terkait usulan dalam Musrenbang tersebut, Lurah Bambu Apus Dodo Supendi mengatakan usulan didominasi usulan fisik, yaitu Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) sebanyak 15 usulan, Sudin Bina Marga 21 usulan, Sudin Perindustrian dan Energi 14 usulan, serta Sudin Perhubungan 8 usulan.

"Mengenai arahan bapak Sekko akan langsung kami tindak lanjuti, dan perlu diketahui sebelumnya mengenai pelatihan-pelatihan telah kami lakukan dan laksanakan. Jadi usulan non fisik sedikit, karena memang sebelumnya sebagian warga kami sudah melakukan pelatihan sebelum Musrenbang Tingkat Kelurahan, tetapi untuk revisi tersebut akan kita coba tambah demi terciptanya warga kami sejahtera dan mengurangi tingkat pengangguran dan kemiskinan," kata Dodo.

Bagikan
Cetak

Berita Terkait

Web Statistik




Jumlah Pengunjung Website