Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur



KIP


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
701

144 Usulan Warga Dibahas Dalam Musrenbang Kelurahan Kebon Pala


Sebanyak 144 usulan masyarakat dibahas dalam gelaran Musyawaran Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kelurahan Kebon Pala di Ruang Serbaguna Lantai III Kelurahan Kebon Pala, Kecamatan Makasar, Selasa (12/2/2019).

Usulan yang diajukan warga didominasi untuk program perbaikan atau peningkatan infrastruktur di lingkungan.

Musrenbang Kelurahan Kebon Pala tersebut merupakan rangkaian dari proses penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Jakarta Timur Tahun Anggaran 2020 mendatang. Tercatat, dari 144 usulan warga itu diantaranya, 114 usulan fisik dan 30 usulan non fisik berdasarkan hasil mufakat dari Rembug Rukun Warga (RW) yang tervalidasi melalui survei tugas teknis Pra Musrenbang di Kelurahan Kebon Pala dengan anggaran biaya Rp 39 milyar.

Lurah Kebon Pala Sigit Darmanto mengatakan, 144 usulan hasil identifikasi dari masing masing RT melalui Rembug RW tersebut berdasarkan kebutuhan warga. Diakuinya, memang untuk usulan fisik masih mendominasi, misalnya, seperti perbaikan saluran dan jalan.

“Hampir keseluruhan dari masing-masing RT/RW mengajukan perbaikan jalan dan saluran. Nah, dengan itu kita harapkan realisasi dari semua usulan itu, dan tadi kita bahas ada yang sifatnya pemeliharaan yang dapat dikerjakan di tahun ini dan ada juga sifatnya perbaikan, bahkan pembuatan saluran baru,” kata Sigit.

Dijelaskan Sigit, Musrenbang Kelurahan Kebon Pala juga mengemas berbagai usulan non fisik yang terus mengedepankan berbagai pelatihan keterampilan bagi warga yang mampu mendongkrak perekonomian warga.

“Dari 30 usulan non fisik yang disepakati warga, diantaranya keterampilan dalam bidang pelatihan Satuan Pengaman (Satpam), servis elektronik hingga kuliner produktif. Selain itu juga adanya pemberdayaan dalam pemanfaatan lahan yang dapat dijadikan budidaya ikan serta bercocok tanaman yang pendapat dikonsumsi,” paparnya.

Namun demikian, diharapkan berbagai usulan warga dapat direalisasikan di tahun 2020 mendatang. Pasalnya, Musrenbang ini merupakan proses penganggaran partisipatif ruang bagi masyarakat untuk menyuarakan kebutuhannya.

“Kita harapkan seluruh usulan dapat diterima. Sehingga, dapat dirasakan warga, sesuai visi misi Gubernur dalam memajukan kotanya dan bahagia warganya,” ujarnya.

Sementara itu,  Ketua RW 001 Kelurahan Kebon Pala Catur Sugiono mengungkapkan adanya perbaikan saluran diwilayahnya. Pasalnya, saat hujan deras kerap terjadi genangan diwilayahnya yang disebabkan saluran air yang kurang baik.

“Kami harapkan adanya pemerataan infrastruktur, terutama saluran dan pembuatan sodetan di RW . 01 yang kerap diresahkan warga saat hujan deras,” kata Catur.

Bagikan
Cetak

Berita Terkait

Web Statistik




Jumlah Pengunjung Website