Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur



KIP


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
456

350 Kendaraan Lanud Halim Perdanakusuma Jalani Uji Emisi


350 kendaraan dinas Pangkalan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma melaksanakan uji emisi kendaraan bermotor pada Kamis (2/5/2019). Ini adalah kegiatan Uji Emisi ini ke-5 yang sudah dilakukan di wilayah Jakarta Timur oleh Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta.

Dalam uji emisi kendaraan bermotor kali ini dengan rincian 150 kendaraan dinas dan 200 kendaraan pribadi pegawai Lanud Halim Perdanakusuma.

Kegiatan uji emisi ini dipimpin oleh Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Timur Usmayadi dan dihadiri Komandan Lanud Halim Perdanakusuma Marsma TNI M. Tonny Harjono dan Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta Djafar Muchlisin.

Selain itu hadir pula Asisten Perekonomian dan Pembangunan Lingkungan Hidup Jakarta Timur Syofian Thahir, Kepala Seksi Penanggulangan dan Pencemaran Lingkungan Hidup DKI Jakarta Agung Pujo Winarko, Camat Makasar Kamal Alatas dan Lurah Halim Perdanakusuma Eric Dasya.

“Kegiatan uji emisi untuk salah satu upaya mengurangi polusi udara di Jakarta Timur,” kata Usmayadi.

Hal serupa juga disampaikan oleh Komandan Lanud Halim Perdanakusuma Marsma TNI M. Tonny Harjono. Ia menyampaikan bahwa uji emisi memberikan manfaaat baik dari sisi menjaga kualitas udara dan pemilik kendaraan bisa patuh dalam berkendara di Jakarta Timur.

“Manfaatnya pertama, kita melakukan tertib administrasi untuk kendaraan kita, dengan adanya uji emisi ini merupakan salah satu syarat perpanjangan pajak kendaraan bermotor. Kedua, sangat jelas sekali untuk pemilik kendaraan bermotor merupakan hal yang menguntungkan, karena pemilik kendaraan bisa langsung mengetahui kendaraan miliknya sehat atau tidak,” terang Tonny.

“Jika hasilnya kurang baik, pemilik kendaraan pasti langsung berinisiatif merawat kendaraannya kedepannya,” lanjutnya.

Selain itu Plt. Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta Djafar Muchlisin memaparkan ketentuan uji emisi kendaraan bermotor berdasarkan syarat pembayaran pakak kendaraan.  

“Syarat lulus uji emisi itu akan diberlakukan sebagai upaya memperbaiki kualitas udara di Jakarta. Sebab polusi udara di Jakarta paling banyak disebabkan kendaraan bermotor,” kata Djafar.

Bagikan
Cetak

Web Statistik




Jumlah Pengunjung Website