Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur



KIP


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
550

Pemprov DKI Akan Gelar Buka Puasa Bersama Di 28 RT Jakarta Timur


Pemerintah Provinsi (Pemrov) DKI Jakarta kembali menginisiasi pelaksanaan Buka Puasa Bersama pada bulan Ramadan, khususnya bersama masyarakat kurang mampu di masjid-masjid yang tersebar di 242 Rukun Tetangga (RT) pada lima wilayah Kota dan Kabupaten Administrasi.

Pada pelaksanaan tahun 2019, Pemprov DKI Jakarta berkolaborasi dengan empat elemen masyarakat. Diantaranya yaitu BAZNAS BAZIS Provinsi DKI Jakarta, Yayasan Aksi Cepat Tanggap (ACT), Yayasan Dompet Dhuafa Republika (DDR) dan Yayasan Rumah Zakat.

Pelaksanaan Buka Bersama tersebut ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Pemprov DKI Jakarta yakni lima Wali Kota wilayah Jakarta dan Bupati Kepulauan Seribu bersama para elemen masyarakat. Adapun penandatangana dilakukan bersama Ketua BAZNAS BAZIZ Provinsi DKI Jakarta Ahmad Lutfi Fathullah, Vice President Yayasan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Ibnu Hajar, Ketua Yayasan Dompet Dhuafa Republika (DDR) Ismail A Said, Chief Marketing Officer Yayasan Rumah Zakat Irvan Nugraha di Balai Agung, Balaikota Jakarta, Selasa (14/5/2019).

Turut hadir dalam acara Penandatanganan PKS antara lain, Sekretaris Daerah Provinisi DKI Jakarta, Saefullah, Para Walikota Administrasi Provinsi DKI Jakarta dan Bupati Kepulauan Seribu dan para pejabat Pemprov DKI Jakarta, serta para petinggi elemen masyarakat yang terlibat.

Sementara pelaksanaan Buka Bersama Ramadan dilakukan dengan penyediaan konsumsi sebanyak 100 paket seharga Rp 25.000,- selama lima hari pada masing-masing RT pada 15-27 Mei 2019.

"Alhamdulillah hari ini kita kembali menjalankan kegiatan buka bersama Jakarta Bahagia. Di kerja sama kali ini ada unsur pemerintah, lalu unsur masyarakat, baik dari Dompet Dhuafa, Aksi Cepat Tanggap, dan juga Rumah Zakat. Serta, sekarang komponen BAZNAS BAZIS juga ikut terlibat, dan kita akan menyelenggarakan di 242 RT di seluruh Jakarta kegiatan buka bersama," ujar Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan.

Pelaksanaan makanan Buka Puasa Bersama disebar ke 242 lokasi dengan bantuan dari para elemen masyarakat, sekaligus dana bantuan Rp 1 Miliar dari BAZNAZ BAZIZ. Meski demikian, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga mengundang kepada seluruh masyarakat untuk ikut serta memfasilitasi hal serupa kepada yang membutuhkan makanan berbuka puasa.

Adapun 242 lokasi pelaksanaan Buka Puasa Bersama berada di lokasi berikut :

1. Yayasan Aksi Cepat Tanggap :

- 28 RT di Kota Administrasi Jakarta Timur

- 50 RT Kota Administrasi Jakarta Utara.

- 4 RT di Pulau Panggang, Kabupaten Administrasi Kepulauan

Seribu

2. Yayasan Dompet Dhuafa Republika :

- 72 RT Kota Administrasi Jakarta Barat

- 4 RT di Pulau Pari, Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu.

3. Rumah Zakat :

- 30 RT Di Kota Administrasi Jakarta Selatan

- 48 RT di Kota Administrasi Jakarta Pusat

- 6 RT di Pulau Kelapa, Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu

Dari lokasi-lokasi tersebut, para elemen masyarakat bersama Wali Kota atau Bupati akan menentukan tempat atau masjid pelaksanaan Buka Bersama. Para elemen masyarakat pun diharuskan menyediakan posko umum bagi masyarakat yang ingin menyumbang dalam bentuk beras, bumbu, sayuran, atau bentuk lainnya dalam rangka mendukung acara Buka Puasa Bersama khususnya dengan masyarakat kurang mampu.

"Perlu saya garis bawahi, Jakarta ini ada ironi. Sebagian bisa berbuka puasa dengan makanan yang sering berlebih (dan), sebagian justru berbuka dalam kondisi kekurangan. Karena itu, kami berharap lewat lembaga-lembaga ini, bukan saja kegiatan di 242 lokasi,  tetapi kita ingin mengundang kepada seluruh masyarakat Jakarta untuk ikut memfasilitasi bagi saudara-saudara kita yang membutuhkan makanan berbuka puasa,” lanjut Anies.

Bagikan
Cetak

Berita Terkait

Web Statistik




Jumlah Pengunjung Website