Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur



KIP


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
852

Kurangi Polusi Udara, Pemkot Jaktim Tanam Pohon Serap Polutan


Wali Kota Administrasi Jakarta Timur M. Anwar melakukan penanaman pohon serap polutan usai memimpin apel pagi di Halaman Kantor Walikota Jakarta Timur, Senin (19/8/2019).

Total ada 36 pohon serap polutan yang ditanam, yakni terdiri dari 16 tanaman tabebuya dan 20 tanaman bugenvil. Penanaman pertama dilakukan oleh Wali Kota.

Selanjutnya penanaman diikuti oleh para pejabat lainnya, yaitu Inspektur Pembantu Kota Administrasi Jakarta Timur Elvarinsa, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Lingkungan Hidup Jakarta Timur Syofian Thahir, Kepala Bagian Penataan Kota dan Lingkungan Hidup Jakarta Timur Endang Syofian, Kepala Suku Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Jakarta Timur Yuliarto.

Penanaman pohon serap polutan dilakukan berdasarkan Instruksi Gubernur Nomor 66 Tahun 2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengarahkan instruksi penanaman pohon serap polutan untuk seluruh wilayah kota Jakarta dan Kabupaten Kepulauan Seribu.

Sementara pemilihan tanaman bugenvil (bougenville amenities) dikarenakan memiliki daya serap polusi udara dengan kategori tinggi sebesar 45,44 mikrogram/gram. Adapun Gubernur menargetkan penanaman 2.000.000 pohon serap polutan di wilayah Provinsi DKI Jakarta hingga akhir 2022. Sedangkan, untuk Jakarta Timur ditargetkan penanaman 2.000 pohon.

Gubernur telah mengawali penanaman di Jalan Sudirman, Jakarta Pusat pada Minggu (18/8/2019). Kemudian dilanjutkan di sejumlah wilayah Jakarta, seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur pada Senin, hari ini.

“Hari ini saya bersama pejabat Pemerintah Kota Administrasi melakukan penanaman pohon di halaman kantor Walikota Jakarta Timur, pohon yang ditanam adalah yang bisa menyerap polutan,” kata Wali Kota.

Ia menyebutkan, setelah penanaman pohon serap polutan di kantor Walikota Jakarta Timur akan dilanjutkan di tempat-tempat lainnya. Diantaranya seperti kantor-kantor Suku Dinas, Kantor Kecamatan, Kantor Kelurahan dan sekolah-sekolah di wilayah Jakarta Timur.  

Penanaman Pohon serap polutan

“Selain itu nanti juga akan saya instruksikan dan buat surat edaran ke perusahaan swasta yang ada di Jakarta Timur, untuk melakukan penanaman pohon serap polutan. Dalam rangka mendukung Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengurangi polusi kendaraan bermotor dan Jakarta menjadi hijau dan asri,” ujarnya.

Wali Kota beharap dengan penanaman pohon serap polutan kali ini, kualitas udara di Jakarta Timur dapat semakin membaik. Selain itu, Jakarta Timur bisa lebih hijau dan asri lagi.

Bagikan
Cetak

Berita Terkait

Web Statistik




Jumlah Pengunjung Website