Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur



KIP


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
861

Walikota Jakarta Timur Cek Kesiapan Kecamatan Jatinegara Hadapi Banjir


Jelang musim hujan, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur melaksanakan pengecekan kesiapsiagaan bencana. Pengecekan dipimpin oleh Walikota Kota Administrasi Jakarta Timur M. Anwar di dua lokasi yaitu Kecamatan Jatinegara dan Kelurahan Bidara Cina pada Senin (11/11/2019).

Dalam pengecekan ini, Walikota Kota Administrasi Jakarta Timur didampingi oleh Asisten Pemerintahan Jakarta Timur Ari Sonjaya, Asisten Kesejahteraan Rakyat Jakarta Timur Alawi, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Dewi Purnamasari, dan Kepala Bagian Hukum Jakarta Timur Dedi Efrizal. Hadir pula Camat Jatinegara Asril Rizal, Wakil Camat Jatinegara Imron, Sekretaris Camat Sarjono, dan para Lurah se-Kecamatan Jatinegara. 

"Alhamdulilah semua petugas siap, dan semua peralatan juga lengkap. Tentunya seluruh petugas posko bencana di wilayah Jakarta Timur harus siap siaga antisipasi bencana banjir," kata Walikota.

Ia menyebutkan, ada enam lokasi rawan banjir di Kecamatan Jatinegara. Pertama, Jalan Kebon Pala II RW 04 dan RW 05 dan Jalan Tanah Rendah RW 07 dan RW 08 Kelurahan Kampung Melayu. Kedua, delapan titik di  Kelurahan Bidara Cina. Ketiga, Jalan Cipinang Bali RW 013 Kelurahan Cipinang Muara.

Kemudian keempat, RW 04, RW 05 dan RW 06 Kelurahan Rawa Bunga. Kelima, RW 01 dan RW 02 Kelurahan Cipinang Besar Selatan. Terakhir, keenam, RW 07 dan RW 08 Kelurahan Cipinang Cimpedak.

“Tentunya kita tidak berharap adanya banjir, tapi kami Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur akan selalu siap siaga jika terjadi bencana,"ujar Wali Kota.

Oleh karena itu, Walikota berharap adanya dukungan dari masyarakat untuk tidak membuang sampah ke kali dan saluran air. Ia meminta koordinasi LMK (Lembaga Musyawarah Kelurahan), FKDM (Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat), dan para ketua RT/RW, bersama lurah dan camat setempat.

Sementara itu, Lurah Bidaracina Yudi menyebutkan delapan titik rawan banjir yang ada di wilayahnya. Diantaranya Jalan Setia RW 02, Jalan Mangga RW 03, Jalan Tanjung Tengkong RW 06 dan RW 07, Jalan Baiduri Bulan RW 011, Gang Keamanan RW 012, Jalan Inspeksi Ciliwung RW 014, Jalan Kebon Sayur RW 015, dan Jalan Rusunawi RW 016.

Untuk mengantisipasi tersebut, Yudi menyebutkan Kelurahan Bidara Cina telah memiliki sejumlah posko banjir, posko kesehatan, dapur umum dan penampungan. Diantaranya berada di SD Negeri 01 Jakarta, posko RW 04/05, Puskesmas Bidara Cina, Musala Raudhatul Ibadah, Karang Taruna RW 011 dan lapangan parkir RW 01.

"Kami pihak Kelurahan sudah siap 24 jam dengan 5 anggota tim standby di posko banjir Kelurahan Bidaracina, dan kita terus berkoordinasi kepada warga masyarakat serta tokoh masyarakat untuk secara bersama-sama menjaga lingkungan dan kami siap melayani warga masyarakat khususnya Kelurahan Bidaracina,"pungkas Yudi.

Bagikan
Cetak

Berita Terkait

Web Statistik




Jumlah Pengunjung Website