Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur



KIP


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
815

Pemkot Jaktim Terima Penghargaan Anubhawa Sasana Kelurahan Sadar Hukum


Walikota Kota Administrasi Jakarta Timur M. Anwar menghadiri Peresmian Kelurahan Sadar Hukum dan sekaligus menerima pemberian penghargaan Anubhawa Sasana Kelurahan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta Tahun 2019 oleh Menteri Hukum dan HAM RI, di Balai Agung Provinsi DKI Jakarta, Selasa (12/11/2019).

Adapun Kelurahan yang mendapatkan penghargaan Anubhawa Sasana dari Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia di wilayah Jakarta Timur Yaitu Kelurahan Ciracas, Kelurahan Makasar, Kelurahan Klender, dan Kelurahan Kalisari. Sedangkan Kecamatan yang mendapatkan penghargaan Anubhawa Sasana yaitu Kecamatan Duren Sawit, Kecamatan Pasar Rebo, Kecamatan Ciracas dan Kecamatan Makasar.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mendapatkan medali penghargaan Anubhawa Sasana Kelurahan atas 31 Kelurahan, 24 Kecamatan dan 5 Wali Kota wilayah Provinsi DKI Jakarta dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI.

Dalam kegiatan tersebut kebijakan Kelurahan Sadar Hukum tahun 2019 dilumcurkan atas kolaborasi Pemprov DKI Jakarta dan Kemenkumham RI.

"Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyambut baik program Kelurahan Sadar Hukum yang merupakan kebijakan Kementerian Hukum dan HAM RI sebagai acuan semua pihak melihat kinerja perangkat Pemerintah Daerah (Kota/Kabupaten, Kecamatan dan Kelurahan) dalam melaksanakan ketentuan peraturan perundang-undangan di wilayahnya masing-masing," ungkap Kepala Biro Hukum Setda Provinsi DKI Jakarta, Yayan Yuhanah dalam sambutannya.

Yayan menjabarkan dari 44 Kecamatan dan 267 Kelurahan di wilayah DKI Jakarta, 199 Kelurahan telah ditetapkan sebagai Kelurahan Sadar Hukum.

Sampai dengan tahun 2018 lalu, sebanyaak 168 Kelurahan telah diresmikan sebagai Kelurahan Sadar Hukum, dan betambah sebanhak 31 Kelurahan di tahun 2019. Sedangkan untuk wilayah Kabupaten Kepulauan Seribu sampai tahun 2016, terdaftar 2 Kecamatan dan 6 Kelurahan sudah diresmikan sebagai Kelurahan Sadar Hukum.

Sementara itu Walikota Kota Administrasi Jakarta Timur M. Anwar mengatakan, bersyukur bahwa Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur mendapatkan penghargaan Kelurahan Sadar Hukum dari Kementerian Hukum dan HAM.

"Tentunya ini untuk memotivasi kita menimalisir dampak kejadian yang berdampak dari hukum antara lain narkoba, tawuran dan sebagainya," kata Walikota.

Dari penghargaan tersebut, Walikota mengaku Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur akan semakin memotivasi dan menyadari masyarakat untuk taat hukum. Begitu pula kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk menghindari pelanggaran hukum.

Hal yang lain juga disampaikan oleh Camat Makasar Kamal Alatas. Ia mengaku dengan adanya penghargaan ini dapat menjadi proses pembelajaran bagi masyarakat, khususnya di wilayah Kecamatan Makasar memiliki pengetahuan tentang aturan hukum.

"Diharapkan seluruh Lurah di wilayah Kecamatan Makasar dapat mensosialisasikan segala bentuk regulasi atau aturan yang sudah diterbitkan dalam perundang-undangan," tutur Kamal.

Selain itu Lurah Ciracas Rikia Marwan berharap, dari penghargaan tersebut mengimplementasikan kebijakan hukum. Sehingga, pihak kelurahan bisa membantu jika ada permasalahan hukum di masyarakat, khususnya Kelurahan Ciracas.

"Warga masyarakat Kelurahan Ciracas jangan segan-segan berkonsultasi dengan kami dalam masalah hukum, dan kami akan membantu permasalahan hukum sekecil apapun masalah yang dialami warga kami siap membantu," pungkas Rikia.

Bagikan
Cetak

Berita Terkait

Web Statistik




Jumlah Pengunjung Website