Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur



KIP


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
1265

PKK Kota Jakarta Timur Raih Juara Dalam Festival Kuliner Tingkat Provinsi


Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Jakarta Timur meraih juara dalam Festival Kuliner Betawi Tingkat Provinsi DKI Jakarta di Anjungan DKI Jakarta, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Minggu (18/8/2019).

Kemenangan yang diaraih yaitu Juara II Lomba Kreasi Kuliner Tingkat DKI Jakarta dan Juara Favorit Lomba Kuliner Tingkat DKI Jakarta.

Kejuaraan tersebut diterima langsung oleh Ketua TP PKK Kota Jakarta Timur Diah Anwar, yang didampingi oleh Camat Kramat Jati Eka Darmawan, Camat Cipayung Fadjar Satrio, dan Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Anjungan DKI Jakarta Fadlan Zuhran.

Pembukaan Festival Kuliner Betawi Tingkat Provinsi DKI Jakarta ditandai dengan pemukulan gong oleh Wakil Ketua III TP PKK Provinsi DKI Jakarta Ati.

Festival Kuliner Betawi Tingkat Provinsi DKI Jakarta dilaksanakan sekaligus peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia (RI) yang dihadiri oleh seluruh kader PKK Kota Jakarta Tmur. Hadir pula para kader dari tingkat wilayah Jakarta lainnya dan Kepulauan Seribu, yang juga turut dalam kepesertaan.

Adapun tujuan pelaksanaan Festival Kuliner Betawi yaitu untuk melestarikan makanan tradisional khas Betawi dan Anjungan DKI Dinas Pariwisata dan Kebudayaan. Ratusan peserta yang terdiri dari 34 kecamatan, menunjukkan kebolehannya dalam menampilkan makanan yang saat ini sudah sulit ditemukan.

Ketua TP PKK Kota Jakarta Timur Diah Anwar mengatakan, para pengurus PKK sengaja menyajikan makanan khas Betawi yang saat ini sulit ditemukan. Sehingga, nantinya masyarakat akan kangen dan terus mencari makanan yang mereka cicipi.

“Karena itu kami berharap produk dan makanan yang ada, bisa semakin dikenal masyarakat,” kata Diah.

Selain lebih mengenalkan makanan khas Betawi, sambung Diah, diharapkan kegiatan ini bisa menambah penghasilan warga. Pasalnya, potensi ini bisa mengembangkan perekonomian warga yang nantinya akan dilibatkan dalam setiap kegiatan.

“Apalagi di Jakarta Timur ada beberapa lokasi yang akan dijadikan destinasi wisata, yang salah satunya adalah waduk Setu,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala UPT Anjungan dan Graha Wisata TMII Fadlan Zuhran menambahkan, Festival Kuliner Betawi yang digelar selain untuk menjadi ajang promosi, juga menjadi ajang silaturahmi.

“Yang utama itu pesertanya, jadi ibu boleh lomba dan tetap akrab bersahabat. Apalagi pesertanya sendiri berasal dari 34 kecamatan yang ada di DKI dan Kepulauan Seribu," kata Fadlan.

Ditambahkan Fadlan, kegiatan itu sendiri merupakan acara tahun yang rutin digelar UPT Anjungan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan. Ia pun berharap dukungan yang lebih besar karena peminatnya setiap tahun terus meningkat.

“Karena itu kami berharap kedepannya festival ini akan kedepannya semakin meriah dan lebih bagus lagi," pungkasnya.

Bagikan
Cetak
Copyright © 2019 Sudis Kominfotik Kota Administrasi Jakarta Timur. All rights reserved.
Theme Options
PREDEFINED SKINS