Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur



KIP


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
625

Buka Festival Cakung, Wali Kota Minta Budaya Lokal Lebih Digali Lagi


Kecamatan Cakung mengemas berbagai unggulan budaya dan kuliner lokal dalam kegiatan Festival Cakung di Situ Rawa Badung, Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur pada Sabtu (14/9/2019).

Festival Cakung resmi dibuka oleh Wali Kota Administrasi Jakarta Timur M. Anwar yang diawali oleh Camat Cakung Achmad Salahuddin. Hadir pula Kepala Suku Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (KUKMP) Jakarta Timur Igan Muhammad dan para RW serta RT wilayah Cakung, serta perwakilan Bank DKI cabang Kantor Walikota Jakarta Timur.

Wali Kota menyebutkan, Festival Cakung merupakan bagian dari program yang diamanatkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk mengangkat potensi di wilayah masing-masing.

“Tentunya, kalau kita melihat dari jumlah penduduk, Cakung banyak budaya lokal yang belum tergali. Harapannya dari festival ini bisa mengangkat kearifan lokal yang ada, termasuk kuliner, PKT (Pemberdayaan Kewirausahaan Terpadu),” ujar Wali Kota.

Berdasarkan pantauan tim timur.jakarta.go.id, Festival Cakung dimeriahkan oleh sejumlah kegiatan budaya Betawi seperti pencak silat yang ditampilkan oleh anak-anak dan remaja, tarian daerah Betawi, dan makanan Betawi.

Selain itu, ada pula 40 gerai pengusaha PKT binaan Suku Dinas KUKMP Jakarta Timur yang menjajakan dagangannya. Ada juga Bank DKI dan Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Jakarta Timur yang membuka layanan pendaftaran Akta Lahir, Kartu Keluarga dan Kartu Identitas Anak (KIA).

Festival Cakung

Wali Kota berharap Festival Cakung diadakan setiap tahunnya. Ia pun menyebutkan, sudah menginstruksikan kepada Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Timur dan Suku Dinas KUKMP Jakarta Timur untuk memfasilitasi, membina dan mengevaluasi kegiatan ini.

“Setelah kegiatan ini dilaksanakan pak camat bisa melakukan evaluasi. Jadi enggak seperti ini aja, harus ada kemajuan-kemajuan dalam rangka mensejahterakan masyarakat, meningkatkan perekonomian di masayarakat,” ujar Wali Kota.

Supriatini, seorang warga Kecamatan Cakung, mengatakan Festival Cakung menghibur para warga pada akhir pekan ini. Ia datang bersama putrinya dan hendak melihat-lihat rangkaian acara dan stan jualan di sana.

“Bagus banget kegiatan ini, membantu banget. Saya tinggal dekat dari sini, jadi ada tempat jalan buat di hari libur begini,” ujar Supriatini.

Disamping itu, Festival Cakung diadakan sekaligus peringatan puncak dari Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia. Turut dilakukan sejumlah perlombaan dan pembagian hadiah serta doorprize dalam kesempatan tersebut. 

Bersama Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Jakarta Timur, Wali Kota juga memberikan secara simbolis kepada sejumlah warga berupa hasil pelayanan Kartu Identitas Anak (KIA), Kartu Keluarga dan e-KTP.

Bagikan
Cetak
Copyright © 2019 Sudis Kominfotik Kota Administrasi Jakarta Timur. All rights reserved.
Theme Options
PREDEFINED SKINS