Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur



KIP


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
493

Walikota : Mometum Peringatan Maulid Sebagai Bukti Warisi Akhlak Rasulullah


Walikota Kota Administrasi Jakarta Timur M. Anwar menghadiri Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H/2019 M di Kediaman Rumah Alm H. Absor bin H. Abdur Rohim di Jalan Panca Warga I, Kelurahan Cipinang Besar Selatan, Kecamatan Jatinegara, Jumat (29/11/2019) malam.

Walikota mengatakan, Bulan Rabiul Awal merupakan bulan yang memiliki keistimewaan lebih dari bulan lain. Pasalnya, di bulan inilah Nabi Muhammad SAW dilahirkan. Sebagai wujud syukur dan kebahagiaan, maka di bulan ini diperingati Maulid Nabi yang menjadikan Rabiul Awal sering disebut sebagai Bulan Maulud.

"Alhamdulillah, kita dapat menjalin silaturahmi dalam rangka memperingati Maulid Nabi, bulan ini menjadi mulia dan istimewa karena nabi kita semuanya, manusia yang sangat mulia dilahirkan di bulan ini," kata Walikota.

Ia pun menjelaskan, bahwa  jika Nabi Muhammad SAW tidak hadir ke dunia ini maka manusia tidak akan mengenal Allah. Inilah pentingnya lahir Nabi Muhammad SAW yang merupakan guru umat Islam untuk dekat kepada Allah SWT.

"Nah, disinilah pentingnya memperingati hari kelahiran sang Nabi Muhammad. Selain dapat dijadikan suri tauladan perilaku yang penuh syafaatnya dalam kehidupan kita sehari-hari," paparnya.

Maulid Nabi Muhammad SAW di Cipinang Besar Selatan

Namun demikian, Walikota mengingatkan siapa yang mencintai Rasul pasti akan sering menyebutnya dengan berharap syafaatnya sekaligus meneladani akhlak manusia termulia di dunia ini. Sehingga menurutnya patut untuk dipertanyakan akhlak sebagian kelompok yang menilai peringatan maulid nabi sebagai perbuatan bid’ah.

“Yang mengatakan maulid bid’ah harus lebih mengasah hatinya dan terus belajar sehingga akhlak Nabi bisa dicontoh dengan baik dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Jangan hanya berfikir secara tekstual dan mengagungkan akal semata. Bertindaklah dengan dasar ilmu, jangan berdasarkan emosi agar kita tidak jauh dari Allah dan Rasul,” pungkasnya.

Bagikan
Cetak
Copyright © 2019 Sudis Kominfotik Kota Administrasi Jakarta Timur. All rights reserved.
Theme Options
PREDEFINED SKINS