Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur



KIP


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
1329

Wali Kota Temukan Sejumlah Warga Pendatang Tanpa SKDS Di Ciracas


Wali Kota Administrasi Jakarta Timur M. Anwar memimpin pelaksanaan kegiatan Bina Kependudukan (Biduk) putaran ke-5 di RW 10 di  Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, Selasa (9/7/2019). RW 10 dinilai memiliki banyak warga pendatang yang menetap.

Sebelumnya, Biduk telah dilakukan di wilayah Kelurahan Penggilingan, Balekambang, Klender, dan Ceger.

Sebelum melaksanakan Biduk, 80 petugas gabungan mengikuti apel yang dipimpin oleh Wali Kota di Taman Palem RW 10 Kelurahan Ciracas. Mereka terdiri dari Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Jakarta Timur, jajaran Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas, Satpol PP, Binmaspol, Babinsa, para Ketua RW, Ketua RT dan tokoh masyarakat.

Kehadiran Wali Kota didampingi oleh Kepala Suku Dinas Kependudukan dan Sipil Jakarta Timur Sukma Wijaya, Plt. Camat Ciracas Mamad dan Lurah Ciracas Rikia Marwan Salahudin.

Dalam apel tersebut, Wali Kota secara simbolis menyerahkan Surat Keterangan Domisili Sementara (SKDS), Akte Kelahiran, Kartu Keluarga dan Kartu Identitas Anak dan e-KTP kepada warga.

"Hari ini kita jemput bola, mendatangi ke kost-kostan ataupun rumah kontrakan untuk mendata dan memberikan pelayanan kepada mereka yang bukan KTP DKI Jakarta agar segera melengkapi data kependudukannya, dan Pemerintah Kota Jakarta Timur siap melayani seluruh masyarakat pada kegiatan Biduk,” ujar Wali Kota.

Bersama para jajaran dan petugas gabungan, Wali Kota menemukan sejumlah warga yang tidak ber-KTP DKI Jakarta tetapi sudah lebih dari 3-30 tahun menetap, dan belum memiliki SKDS.  Pihaknya pun mengarahkan mereka untuk segera melakukan kelengkapan dokumen kependudukan.

“Dengan Biduk ini jangan sampai ada warga DKI yang menetap di Jakarta Timur dari luar daerah atau pendatang kita tidak kenali. Takutnya kita hindari hal yang kita tidak inginkan seperti teroris, pengedaran narkotika ataupun sebagainya,” kata Wali Kota.

Kepala Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Jakarta Timur Sukma Wijaya mencatat, ada 248 pelayanan yang dilakukan dalam Biduk di RW 10 Kelurahan Ciracas. Diantaranya yaitu pembuatan 153 SKDS (136 sudah diserahkan dan 17 proses), 31 Kartu Identitas Anak, 10 e-KTP DKI Jakarta, 5 Akta Kelahiran, 5 rekam identitas, 23 Kartu Keluarga dan 21 konsultasi.

"Respon masyarakat sangat antusias dengan adanya kegiatan Biduk serta bantuan dari para Ketua RT dan Ketua RW sangat baik sehingga pelaksanaan Biduk berjalan lancar,” kata Sukma.

Bagikan
Cetak
Copyright © 2019 Sudis Kominfotik Kota Administrasi Jakarta Timur. All rights reserved.
Theme Options
PREDEFINED SKINS