Berita

Kota Administrasi Jakarta Timur



KIP


Berita Resmi Pemkot Jakarta Timur
1081

Wali Kota Berikan Arahan Gerakan Sadar Tertib Arsip Ke Kepala Sekolah


Wali Kota Administrasi Jakarta Timur M. Anwar membuka kegiatan Gerakan Sadar Tertib Arsip Bagi Kepala Sekolah di Ruang Serbaguna Blok C Kantor Walikota Jakarta Timur, Rabu (10/7/2019). 

Pelaksanaan kegiatan Sadar Tertib Arsip diinisiasi oleh Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Administrasi Jakarta Timur. Adapun kegiatan dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 10-11 Juli 2019. 

Sadar Tertib Arsib diikuti oleh 100 orang kepala sekolah atau tata usaha (TU) sekolah tingkat SMA Negeri, SMK, SMP Negeri, dan Madrasah Aliyah Negeri di Jakarta Timur.

“Melalui Gerakan Sadar Tertib Arsip ini para Kepala Sekolah (dan) TU Sekolah dapat memberi perhatian dalam pengelolaan kearsipan sesuai tugas dan fungsinya masing-masing. Sehingga terwujud pengelolaan dan penataan arsip di lingkungan wilayah Kota Administrasi Jakarta Timur sesuai standar,” kata Wali Kota.

Menurutnya, arsip merupakan dokumen penting negara yang harus dirawat dan dijaga. Apabila arsip hilang masuk dalam kategori tindak pidana.

“Apalagi di lingkungan sekolah, banyak arsip yang harus dirawat dan dijaga. Tidak hanya menyangkut masalah data akademik siswa namun juga administrasi sekolah harus diarsipkan dengan baik,” katanya.

Kegiatan tersebut dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan Kepala Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Administrasi Jakarta Timur Nomor 9 Tahun 2019 tentang Gerakan Sadar Tertib Arsip. Gerakan tersebut dilakukan di Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD) Kota Administrasi Jakarta Timur untuk membangun kesadaran pentingnya mengolah dan menyelamatkan arsip.

Sementara itu, Pelaksana Harian (Plh) Kepala Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jakarta Timur Hendy Setiawan mengatakan bahwa kegiatan tersebut menghadirkan narasumber dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

“Gerakan Sadar Tertib Arsip harus dimulai dari dasar. Kita terus lakukan sosialisasi, pelatihan pengelolaan arsip. Tidak hanya untuk lingkungan sekolah, sebelumnya juga untuk para lurah, camat dan unit lain juga kita lakukan yang sama,” kata Hendy.

 

 

Bagikan
Cetak
Copyright © 2019 Sudis Kominfotik Kota Administrasi Jakarta Timur. All rights reserved.
Theme Options
PREDEFINED SKINS